Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persipura Tolak Bertanding, Ketum PSSI Sebut Aturan Harus Ditegakkan

Kompas.com - 22/02/2022, 18:40 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - PSSI bakal menggelar pertemuan untuk membahas tindakan Persipura Jayapura mangkir dari laga melawan Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyara, Bali, Senin (21/2/2022) malam. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan ketika menghadiri penganugerahan Achsanul Qosasi sebagai guru besar kehormatan dari Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (22/2/2022).

"Sabar ya, hari ini saya akan rapatkan. Saya dapat surat dari Persipura dan akan kami diskusikan segera. Sabar ya," kata Iriawan. 

Baca juga: Manifestasi di Balik Misi Mulia Bergulirnya BRI Liga 1

Pria akrab disapa Iwan Bule tersebut menjelaskan, setiap keputusan yang diambil akan mengacu pada standar operasional prosedur.

"Kalau saya, aturan harus ditegakkan," ucap Iwan Bule, sapaan akrabnya.

Terkait dugaan karena kasus Covid-19, ia menjelaskan bahwa sudah ada aturan di Pasal 52 Regulasi Liga 1 musim kompetisi 2021/2022.

"Tindak lanjutnya nanti juga akan dibawa ke ranah disiplin dan ada komite disiplin yang memutuskannya," kata Iwan Bule.

Sebelumnya, PSSI menerima laporan soal pertandingan tersebut dari operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Direktur Utama Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa pihaknya memberikan laporan tersebut setelah mempelajari semua kronologis dan fakta rinci termasuk laporan soal laga itu dari "Match Commissioner".

Pencetak gol Persipura Jayapura Ricky Ricardo Cawor (tengah) saat pertandingan pekan 18 Liga 1 2021-2022 melawan Persela Lamongan yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (6/1/2021) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pencetak gol Persipura Jayapura Ricky Ricardo Cawor (tengah) saat pertandingan pekan 18 Liga 1 2021-2022 melawan Persela Lamongan yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (6/1/2021) sore.

"Setelah mendapatkan laporan dari match commissioner, kami melaporkan semuanya ke PSSI dan menyerahkan status pertandingan Persipura versus Madura United kepada Komite Disiplin PSSI. Kami melakukan semuanya sesuai dengan regulasi," tutur Akhmad Hadian.

LIB menyatakan bahwa pertandingan itu seharusnya bisa dilaksanakan meski Persipura sudah meminta penundaan karena menganggap terlalu banyak pemainnya yang positif Covid-19.

LIB menganggap bahwa, berdasarkan hasil tes usap Covid-19, Persipura memiliki 21 pemain yang berstatus negatif atau lebih dari 14 orang yang membuat laga tak perlu ditunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com