Kompas.com - 12/02/2022, 19:28 WIB

KOMPAS.com - Sandy Walsh mengungkapkan rasa bahagianya setelah mendapat kepastian ia akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia juga tak sabar segera membela timnas Indonesia.

Pemain berusia 26 tahun itu menjadi salah satu pemain berbasis di Eropa yang diinginkan pelatih Shin tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia.

Selain Sandy Walsh, pemerintah juga sedang melakukan proses naturalisasi Jordi Amat. Saat ini Sandy Walsh dan Jordi Amat bermain di Liga Belgia. 

Jordi Amat yang berusia 29 tahun merupakan bek tengah KAS Eupen, sedangkan Sandy Walsh berposisi sebagai bek kanan di KV Mechelen. 

Baca juga: Percaya Penilaian Shin Tae-yong, Alasan Pemerintah Kebut Proses Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Sandy Walsh memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek-nenek di pihak ibu. Darah Indonesia mengalir dari sang ibu, Brigitta Portier, yang keturunan Jawa. 

Adapun Jordi Amat memiliki darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Sandy Walsh pun tak bisa menutupi rasa bahagianya ketika proses naturalisasinya mendapat kepastian dan direstui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali. 

Sebab, penantian panjangnya sejak 2017 untuk membela timnas Indonesia akan segera terwujud.

"Itu bermula selama tahun terakhir saya di Racing Genk (pada 2017). Sekarang, ada pelatih tim nasional Shin Tae-yong yang sangat percaya pada saya," ujar Sandy Walsh, dilansir dari media Belgia Gazet van Antwerpen (GAV)

"Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, dia mencoba memaksa untuk menghubungi saya. Mereka tahu bahwa saya sangat termotivasi dan sudah 90 hingga 95 persen (proses naturalisasi) selesai," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.