Kompas.com - 05/02/2022, 11:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bermain golf bersama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Royale Halim, Jumat (4/2/2022). 

Menpora menceritakan bahwa dirinya sudah lama merencanakan bermain golf dengan STY, tetapi baru terealisasi. 

"Tadi pagi (kemarin) saya sempat bermain golf bersama coach Shin Tae-yong. Keinginan untuk main bersama pelatih timnas ini sebenarnya sudah sejak lama direncanakan," kata Zainudin Amali kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2022) pagi.

"Namun, belum terlaksana karena terhalang oleh kesibukan masing-masing, yang paling sulit adalah mencocokkan waktunya," tutur Zainudin Amali.  

Baca juga: Alasan Nama-nama Pemain Liga 1 yang Terpapar Covid-19 Terkadang Tidak Diinfokan ke Publik

Di tengah-tengah bermain golf, Zainudin dan Shin Tae-yong juga berdiskusi tentang sepak bola Indonesia.  

"Sepanjang bermain golf, kami mendiskusikan tentang perkembangan sepak bola Indonesia dan prospek ke depannya. Ternyata coach STY bukan hanya juru taktik yang andal di lapangan sepak bola, tetapi dia juga pemain golf yang bagus," tutur Zainudin Amali. 

Kepada Kompas.com, Menpora juga menceritakan apa yang disampaikan Shin Tae-yong soal sepak bola Indonesia. 

"Sepak bola Indonesia punya harapan ke depan. Di sini banyak talenta, tetapi kami harus melakukan pembinaan secara serius sejak usia dini," ungkap Menpora. 

Selain itu, kata Menpora, Shin Tae-yong menceritakan juga tantangan yang dihadapi pelatih asal Korea Selatan selama melatih tim nasional. 

"Dia menerima pemain yang sudah terbentuk habit dan cara bermain mereka sejak kecil, itu yang harus diubah sesuai dengan kebutuhan pembentukan timnas yang kuat," jelas Menpora. 

Pemain Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) dan Ricky Kambuaya (kanan) dijaga ketat pemain Timnas Timor Leste saat pertandingan ujicoba dalam rangka FIFA Matchday yang berakhir dengan skor 0-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (30/1/2022) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) dan Ricky Kambuaya (kanan) dijaga ketat pemain Timnas Timor Leste saat pertandingan ujicoba dalam rangka FIFA Matchday yang berakhir dengan skor 0-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (30/1/2022) malam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.