Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jersey Bayern Terlaris Sepanjang 2021, Juventus Kalahkan Barca dan PSG

Kompas.com - 27/01/2022, 17:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Bayern Muenchen berada di posisi teratas dalam daftar penjualan terbanyak jersey di Eropa sepanjang 2021. Mereka mengalahkan raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Juventus menjadi satu-satunya tim dari Italia yang berhasil menembus posisi 10 besar. Penjualan jersey tim berjulukan Bianconeri ini bahkan melebihi Barcelona, Chelsea, Paris Saint-Germain dan Manchester City.

Hasil penjualan tersebut dihitung Euromerica Sport Marketing, yang mendapat sertifikasi badan tertinggi sepak bola dunia, FIFA.

Baca juga: Penjualan Jersey Messi di PSG Capai Rp 400 Miliar dalam 7 Menit!

Berdasarkan data sepanjang tahun lalu, jersey Bayern Muenchen yang paling laris terjual di Eropa. Penjualan jersey klub elite Bundesliga tersebut mencapai 3,2 juta.

Real Madrid menempati peringkat kedua. Klub beralias Los Blancos ini mencatatkan penjualan sejumlah 3 juta jersey, diikuti Liverpool (2,4 juta) dan Manchester United (1,95 juta).

Juventus menjadi satu-satunya tim Italia yang berada di dalam daftar 10 besar. Bianconeri menemapti urutan kelima dengan jumlah penjualan 1,42 juta jersey.

Si Nyonya Besar mengalahkan Barcelona yang berada di posisi keenam dengan jumlah 1,34 juta, disusul juara Liga Champions, Chelsea, dengan penjualan sebanyak 1,31 juta jersey.

Rival Bayern di Bundesliga, Borussia Dortmund, di urutan kedelapan dengan jumlah 1,18 juta. Raksasa Liga Perancis, Paris Saint-Germain, di urutan kesembilan.

Baca juga: Benzema Kembali, Penjualan Jersey Timnas Perancis Meroket 2.400 Persen

Awalnya, kedatangan Lionel Messi dari Barcelona pada musim panas 2021 diprediksi bisa mendongkrak penjualan kostum PSG. Nyatanya, jumlah penjualan jersey PSG hanya 1,18 juta.

Rival sekota Manchester United, Manchester City, menempati posisi 10 besar daftar penjualan terbanyak jersey klub. Penjualannya mencapai 1,087 juta unit.

Penghasilan klub-klub Eropa dari penjualan kostum cukup memberikan dampak yang besar.

Apalagi, penghasilan dari tiket tak bisa diharapkan akibat dampak pandemi Covid-19 di mana ada pembatasan jumlah penonton di stadion.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com