Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mancini Panggil Balotelli ke Timnas Italia, Bukan karena Putus Asa

Kompas.com - 27/01/2022, 09:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Marca

KOMPAS.com - Mario Balotelli menjadi salah satu dari 35 pemain yang dipanggil timnas Italia untuk mengikuti pemusatan latihan di Coverciano pada 26-28 Januari 2022. 

Pemusatan latihan tersebut digelar guna mempersiapkan timnas Italia menjelang playoff Piala Dunia 2022 pada Maret mendatang. 

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini pun mengungkapkan alasannya memanggil Mario Balotelli

Ini merupakan pemanggilan pertama Balotelli setelah terakhir kali membela Gli Azzurri, julukan timnas Italia, pada September 2018.

Baca juga: Target Balotelli Usai Dipanggil Timnas Italia Lagi Setelah 3 Tahun

Balotelli saat itu tampil sebagai starter ketika timnas Italia ditahan imbang 1-1 oleh Polandia pada pertandingan UEFA Nations League.

Penampilan apik Balotelli bersama klub Turki Adana Demirspor menjadi salah satu faktor ia kembali dipanggil tim nasional. 

Bersama Adana Demirspor, Balotelli mengoleksi sembilan gol dan lima assist dari total 21 pertandingan di Liga dan Piala Turki. 

Kendati demikian, beberapa pihak menilai pemanggilan Balotelli merupakan bentuk keputusasaan Mancini yang berambisi membawa Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Seperti diketahui, Italia harus melalui babak playoff untuk bisa memastikan diri ke Piala Dunia 2022.

Beberapa penyerang andalan Mancini seperti Federico Chiesa dan Andrea Belotti mengalami cedera. Belum lagi Ciro Immobile yang performanya sedang menurun.

Namun, Mancini membantah bahwa keputusan memanggil kembali Balotelli disebabkan karena rasa putus asa.

Mancini menjelaskan, ia memberikan kesempatan bagi semua pemain yang dianggapnya bisa membantu timnas Italia termasuk Mario Balotelli. 

"Pintu tim nasional selalu terbuka untuk semua orang dan jika ada pemain yang bisa membantu tim, kami senang," kata Roberto Mancini dilansir Kompas.com dari Marca

"Mungkin ketika kami putus asa, kami memberikan yang terbaik. Namun, saya pikir ini bukan situasi keputusasaan," ujar Mancini melanjutkan. 

Lebih lanjut, Mancini juga tak menjamin Balotelli bisa terus berada di skuadnya. Ia akan mengevaluasi kebugaran fisik Balotelli selama mengikuti pemusatan latihan. 

Halaman:
Sumber Marca
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com