Kompas.com - 26/01/2022, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas, memberikan wejangan kepada para pemain muda yang tergabung dalam skuad senior Timnas Indonesia pada FIFA Matchday.

Tim Garuda akan melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis (26/1/2021).

Dia meminta para pemain menghapus rasa sungkan dan ragu karena saat ini mereka merepresentasikan sepak bola Indonesia, bukan lagi kelompok usia.

Tercatat 14 dari 27 pemain yang dipilih Shin Tae-yong merupakan pemain dengan rentang usia U23. Sejumlah 11 diantaranya berusia 20 tahun ke bawah.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia - Putri Lawan Filipina, Putra Vs Timor Leste

Termuda ada Ronaldo Kwateh (17) dan Marselino Ferdinan (17). Keduanya bahkan berpotensi memecahkan rekor pemain termuda yang debut bersama timnas senior.

Jika diturunkan pada laga besok, Ronaldo Kwateh akan berusia 17 tahun, 3 bulan, 8 hari, sedangkan Marselino akan berusia 17 tahun, 4 bulan, 18 hari.

Pencapaian kedua pemain ini mendapatkan apresiasi dari Evan Dimas. Dia mengungkapkan  bahwa keduanya memang punya kualitas untuk sejajar dengan pemain senior.

“Memang masuk di timnas di usia muda itu tidak gampang, perlu adaptasi. Tetapi saya lihat Marselino dan Ronaldo Kwateh ini pemain yang sangat berpotensi,” ujar pemain Bhayangkara FC.

Sebagai pemain berpengalaman di timnas, dia mengaku sering dimintai wejangan oleh rekan-rekannya yang lebih muda. Banyak yang bertanya mengenai cara supaya langgeng jadi langganan timnas.

Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh saat mengikuti latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh saat mengikuti latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Trisakti Kuta, Bali, Jumat (21/1/2022) sore.

Dia pun berpesan untuk tidak terlena dengan momentum dan menegaskan untuk tidak puas setelah mendapatkan label pemain timnas. Sebab, tantangan terberat justru cara mempertahankannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.