Kompas.com - 24/01/2022, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Timnas putri India tersingkir dari AFC Women's Asian Cup atau Piala Asia Wanita 2022 setelah sejumlah pemainnya dinyatakan positif Covid-19. 

Kabar tersebut dilaporkan oleh media India, The Indian Express. Dalam laporannya, The Indian Express menyebutkan sebanyak 12 dari 23 pemain di skuad India serta 4 staf pendukung positif virus corona. 

Selain 12 orang dinyatakan positif Covid-19, dua pemain lainnya juga mengalami cedera, sehingga India hanya memiliki 9 pemain yang siap bertanding. 

Pertandingan antara India dan Taiwan pada laga kedua fase Grup A yang dijadwalkan digelar Minggu (23/1/2022) pun tak dimainkan.

Sesuai regulasi Piala Asia Wanita, setiap tim harus memiliki minimal 13 pemain untuk bisa bertanding. 

Baca juga: Piala Asia Wanita 2022, Thailand Pantang Remehkan Indonesia

Melansir laman resmi AFC, Pasal 4.1 dalam regulasi Piala Asia Wanita 2022 pun berlaku pada situasi itu yang artinya timnas putri India tak bisa melanjutkan kiprahnya di kompetisi tersebut.

Adapun isi Pasal 4.1 regulais Piala Asia Wanita 2022 adalah sebagai berikut: 

Jika tim peserta memiliki kurang dari 13 pemain yang bisa bertanding karena alasan apa pun (terkait Covid-19 atau tidak), tim tersebut tidak bisa melanjutkan pertandingan. Tim harus bertanggung jawab atas tidak berlangsungnya pertandingan dan dianggap telah mengundurkan diri dari kompetisi. 

Masih berdasarkan situs resmi AFC, ketiga jadwal pertandingan India di Grup A Piala Asia Wanita 2022 melawan Taiwan, Iran, dan China pun sudah tertulis "cancelled" alias dibatalkan.

Presiden Federasi Sepak Bola India (AIFF) Praful Patel mengungkapkan seluruh tim terpukul mendengar kabar tersebut. 

Baca juga: Timnas Putri Indonesia Vs Thailand, Lawan Tebar Ancaman untuk Garuda Pertiwi

"Kami terpukul dan saya meminta semua untuk menghargai perasaan mereka. Saya bangga dengan apa yang ditunjukkan tim pada pertandingan pertama dan saya yakin mereka akan membuktikan diri dalam waktu dekat," kata Praful Patel. 

"Ini bukan akhir dan saya yakin mereka akan bangkit kembali," lanjut Praful Patel sebagaiman dilansir dilansir Kompas.com dari laman resmi AIFF. 

Sementara itu, AFC melalui laman resminya mengungkapkan bahwa Piala Asia Wanita 2022 di India akan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.