Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Timnas Indonesia Vs Australia di Piala Asia Wanita: Terkam Mereka, Hancurkan...

Kompas.com - 21/01/2022, 16:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas putri Indonesia akan segera mengawali perjuangan di Piala Asia Wanita 2022 dengan melawan Australia. Selain Australia, Indonesia juga satu grup bersama Thailand dan Filipina di Grup B. 

Pertandingan timnas Indonesia vs Australia berlangsung di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022) dengan jadwal kickoff pukul 17.00 WIB. 

Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 setelah mengalahkan Singapura yang merupakan lawan satu-satunya di kualifikasi Grup C. 

Baca juga: Piala Asia Wanita: Pelatih Australia Membumi, Waspadai 2 Hal dari Timnas Indonesia

Grup C memang hanya dihuni Indonesia dan Singapura setelah Irak dan Korea Utara mengundurkan diri. Indonesia kemudian berhasil menyapu bersih dua pertandingan kontra Singapura dengan kemenangan 1-0 pada masing-masing laga.

Sebelum ini, timnas Indonesia sudah empat kali tampil di Piala Asia Wanita, masing-masing pada edisi 1977, 1981, 1986, dan 1989. 

Dari empat kesempatan tersebut, pencapaian terbaik Garuda Pertiwi adalah finis di peringkat empat pada tahun 1986 setelah kalah 1-3 dari Thailand. 

Setelah 33 tahun sejak terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia Wanita, harapan besar pun mengiringi langkah mereka. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengharapkan agar timnas Indonesia putri dapat menampilkan yang terbaik di ajang Piala Asia Wanita 2022.

“Hari ini saya berangkatkan timnas wanita ke Piala Asia di India. Saya berikan dorongan semangat support untuk mereka,” kata Iwan dalam acara pelepasan timnas Indonesia putri yang dihadiri KOMPAS.com, Minggu (16/1/2022). 

Baca juga: Tertinggal 83 Peringkat dari Australia, Timnas Putri Indonesia Tak Percaya Kemustahilan

“Harapan saya selaku ketua ingin agar mereka bisa tampilkan yang terbaik. Sudah 33 tahun kita tak lolos ke Piala Asia. Sehingga ini harapan besar bagi kita,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini. 

“Di grup cukup kuat ada Australia, Thailand, Filipina. Tak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola,” kata Iriawan.

“Jadi pesan saya tetap terkam mereka, hancurkan. Apa pun hasilnya yang penting kalian bisa bermain maksimal,” ucapnya melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com