Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Putih Segera "Halal" Berkibar, Kurniawan DY Turut Gembira

Kompas.com - 18/01/2022, 20:00 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Kurniawan Dwi Yulianto menyambut gembira bendera Merah Putih bisa berkibar lagi di event olahraga internasional dalam waktu dekat.

Sebagaimana diketahui bersama, bendera Merah Putih sebelumny tak diizinkan berkibar setiap kali Indonesia tampil di ajang internasional, baik single event maupun muliti-event.

Hal itu karena Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) tidak mematuhi prosedur anti-doping yakni tes doping plan (TDP) dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA), sehingga jatuhlah sanksi tersebut.

Hukuman dari WADA itu berlaku sejak Oktober 2021, yang mengakibatkan Indonesia tak ditemani Merah Putih saat berjuang di Piala AFF 2020.

Di luar sepak bola, bendera Merah Putih pun absen kala Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2020, Oktober tahun lalu.

Baca juga: Sanksi WADA Berakhir Bulan Depan, FIBA Asia Cup 2022 Pasti Lebih Sakral

Sebagai upaya penyelesaian, Menpora Zainudin Amali dengan cepat merespon dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Masalah yang dipimpin President NOC Raja Sapta Oktohari.

Berkat kerja cepat yang dilakukan sejumlah pihak terkait, Indonesia disebut telah berhasil membuat WADA puas. 

Berdasarkan update dari Menpora, Indonesia akan segara digolongkan ke dalam kategori negara yang patuh dengan prosedur WADA.

Sanksi WADA untuk LADI akan dicabut pada Februari 2022 dan sejak saat itu, bendera Merah Putih bisa berkibar lagi.

Striker legendaris timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto menyambut gembira pencabutan sanksi WADA dalam waktu dekat itu.

Baca juga: Update Pembebasan Sanksi WADA: Bendera Merah Putih Akan Segera Berkibar Lagi

Menurutnya, kebangaan terbesar sebagai atlet yakni mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional.

"Pertama alhamdulilah karena pada akhirnya semua atlet Indonesia bisa mengibarkan bendera Merah Putih di segala event," kata Kurniawan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

"Bagi kami mantan atlet, bahkan atlet sekarang, berkibarnya bendera Merah Putih adalah sesuatu yang bisa memotivasi para atlet, suatu kebanggaan yang tidak ada duanya," imbuhnya.

"Terima kasih semua pihak yang sudah bekerja keras memperjuangkan akhirnya bendera Merah Putih bisa berkibar kembali," kata pria yang baru ditunjuk sebagai asisten pelatih klub Serie B, Como 1907, itu.

Terlepas dari suksesnya mengembalikan kepercayaan WADA, Si Kurus - julukan Kurniawan Dwi Yulianto - berharap masalah ini tidak terulang kembali.

Baca juga: Update Sanksi WADA: Gugus Tugas Pastikan Kabar Bagus bagi Indonesia Segera Tiba

Peristiwa yang mencederai perjuangan pahlawan plahraga ini hendaknya menjadi yang terakhir dan tidak akan terulang lagi agar para atlet yang berjuang tidak kecewa hanya karena persoalan LADI tak patuh kepada WADA.

"Ini mudah-mudahan menjadi pelajaran terakhir untuk agar kita kedepannya selalu mematuhi dan menjalankan apa yang menjadi prosedur tentang doping ini sehingga tidak menjadi sanksi-sanksi seperti ini," ucap Kurniawan berharap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com