Kompas.com - 16/01/2022, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Pergelaran seri keempat Liga 1 musim 2021-2022 di Bali mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, terutama para pencinta sepak bola Tanah Air.

Sambutan positif dari masyarakat Indonesia terhadap pergelaran Liga 1 2021-2022 juga membawa berkah bagi Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) di Bali.

Antusiasme pencinta sepak bola Tanah Air rupanya membuat geliat UMKM di Pulau Dewata semakin meningkat.

Geliat ekonomi di Bali yang mulai mengalami perbaikan berkat adanya Liga 1 dapat ditemui salah satunya di Bali United Cafe yang terletak di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Setelah sempat tutup selama satu setengah tahun akibat pandemi Covid-19, Bali United Cafe kembali beroperasi seiring antusiasme masyarakat terhadap pergelaran Liga 1 yang terus melonjak.

Baca juga: Meski Banyak Catatan, Liga 1 Mendorong Kebangkitan Ekonomi Pulau Dewata

Supervisor Bali United Cafe, Daniel Rinekso, mengungkapkan bahwa dampak positif pertama yang datang berkat antusiasme Liga 1 adalah kembalinya mata pencaharian 15 pekerjanya.

Dia menyebut, 15 pekerja yang sebelumnya dirumahkan kini bisa kembali bekerja.

"Kami sangat senang dengan adanya Liga 1 yang disponsori oleh BRI, karena ini akan turut membantu bangkitnya sektor pariwisata Bali. Contohnya, dengan terisinya hotel-hotel dengan kehadiran tim BRI Liga 1," kata Daniel dalam rilis yang diterima KOMPAS.com, Minggu (16/1/2022).

"Kami pun jadi bisa membuka kembali Bali United Cafe, dan mempekerjakan karyawan yang sudah lama dirumahkan,” ujar Daniel.

Langkah Bali United Cafe yang membuka kembali operasional pun berbuah manis. Terbukti, terdapat lonjakan kunjungan hingga 75% sejak cafe tersebut kembali beroperasi.

Baca juga: Liga 1 Tetap Kompetitif dan Menyedot Perhatian meski Terapkan Sistem Bubble

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.