Kompas.com - 13/01/2022, 10:15 WIB
Seorang kameramen sedang bertugas mengambil gambar Liga 1 2021-2022. KOMPAS.com /SUCI RAHAYUSeorang kameramen sedang bertugas mengambil gambar Liga 1 2021-2022.

KOMPAS.com - Keluhan masalah fasilitas dan infrastruktur tidak hanya datang dari pihak peserta Liga 1 2021-2022 saja. Pihak broadcaster pun ikut merasakan kesulitan sama.

Bagi tim broadcaster, keterbatasan ini jadi tantangan yang harus dilalui.

Hanya Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, saja yang memiliki fasilitas mumpuni untuk melakukan siaran langsung dari 3 venue seri 4 Liga 1 2021-2022.

Dua venue lainnya, Stadion I Gusti Ngurah Rai dan Stadion Kompyang Sujana Denpasar, memiliki fasilitas yang dinilai kurang memadai.

Kedua stadion ini memiliki masalah sama, yakni titik pengambilan gambar yang terlalu rendah sehingga mengganggu kenyamanan penonton layar kaca.

Baca juga: Berita Foto: Penampakan Terbaru Ruang Ganti Stadion I Gusti Ngurah Rai Setelah Sempat Viral

Karena keterbatasan ini, banyak ditemukan fasilitas-fasilitas tambahan yang berdiri di venue pertandingan.

Di antaranya adalah tenda-tenda pengganti ruangan, serta steger (scaffolding) yang didirikan untuk menunjang kinerja kamera siaran.

Keberadaan fasilitas tambahan semi permanen ini merupakan upaya dari PT LIB dan tim produksi demi menyuguhkan tayangan yang memuaskan di layar kaca.

"Fasilitas standar, tapi kami harus optimis untuk perubahan dan mengkondisikan di lapangan, agar sepak bola tetap bisa dinikmati oleh masyarakat,” tutur salah satu personel Creative & Broadcast Service PT LIB yang enggan disebutkan namanya kepada Kompas.com.

“Memang di awal pertandingan banyak saran dari penonton di rumah, bukan berarti kami tidak check venue dan analisa. Kami sudah check dengan mengkondisikan bangunan stadion, wilayah kamera, framing dan garis imajiner batas kamera,” imbuhnya.

Seorang kameramen sedang mengambil gambar pertandingan seri 4 Liga 1 2021-2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali.KOMPAS.com /SUCI RAHAYU Seorang kameramen sedang mengambil gambar pertandingan seri 4 Liga 1 2021-2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.