Kompas.com - 03/01/2022, 05:15 WIB

KOMPAS.com - Perjuangan timnas Indonesia asuhan Shn Tae-yong di Piala AFF 2020 sudah berakhir.

Timnas Indonesia harus puas kembali menjadi runner up setelah kalah dari Thailand pada final Piala AFF 2020 dengan total agregat 2-6.

Ini adalah kali keenam timnas Indonesia kalah di final Piala AFF atau Piala Tiger setelah edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Meski belum berhasil membawa pulang trofi Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam dkk telah menumbuhkan harapan baru di benak publik sepak bola Indonesia.

Hal itu tidak lepas dari bagaimana cara bermain, mental bertanding, dan semangat juang yang ditunjukkan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong sepanjang Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia sebelumnya sempat diremehkan karena diperkuat banyak pemain muda yang masih minim pengalaman di sepak bola internasional, khususnya Asia Tenggara.

Baca juga: Skuad Muda Timnas Indonesia Diyakini Jadi Kandidat Juara SEA Games 2021

Salah satu pihak yang pernah meremehkan timnas Indonesia adalah mantan striker timnas Malaysia, Safee Salii.

Menurut Safee Salii, timnas Indonesia tidak akan melangkah jauh di Piala AFF 2020 karena diperkuat banyak pemain muda.

"Indonesia membawa tim muda potensial ke Piala AFF 2020. Namun, dibandingkan dengan para pesaingnya, pemain muda timas Indonesia masih kurang pengalaman," kata Safee Sali.

"Tidak peduli sebarapa ambisius Shin Tae-yong, dia harus menerima kenyataan bahwa Piala AFF 2020 bukanlah waktu terbaik untuk mengharapkan sesuatu yang besar dari skuad yang dia bawa," ujar Safe Salii.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber AFF
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.