Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Cristian Gonzales tentang Masa Depan Skuad Muda Timnas Indonesia

Kompas.com - 02/01/2022, 16:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia tak berhasil menjadi juara Piala AFF 2020 setelah kalah dari Thailand. Namun, skuad Garuda yang saat ini banyak dihuni pemain muda diyakini memiliki masa depan yang cerah. 

Hal itu disampaikan oleh mantan striker timnas Indonesia, Cristian Gonzales, saat menjadi narasumber acara Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Sabtu (1/1/2022). 

Cristian Gonzales mengatakan, para pemain muda tersebut masih memiliki masa depan yang panjang dan bisa memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia. 

"Mereka semua pemain muda dan punya masa depan yang panjang. Saya optimistis mereka bisa bermain yang terbaik untuk Indonesia," ucap Cristian Gonzales. 

Baca juga: Dukung Shin Tae-yong, Eks Kapten Timnas Evaluasi Kiprah Indonesia di Piala AFF 2020

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang membawa para pemain muda untuk mengisi skuad Indonesia di Piala AFF 2020

Sebut saja Pratama Arhan yang baru berusia 20 tahun, lalu Egy Maulana Vikri (21), Witan Sulaeman (20), Hanis Saghara (22), Ramai Rumakiek (19), Asnawi Mangkualam (22), Alfeandra Dewangga (20), hingga Elkan Baggott (19). 

Dengan skuad yang mayoritas diisi darah muda, timnas Indonesia pun bisa melaju hingga final Piala AFF 2020. 

Hal tersebut mendapat apresiasi tinggi dari sang pelatih, Shin Tae-yong. Peracik taktik asal Korea Selatan itu menilai pencapaian timnas Indonesia di Piala AFF 2020 sudah luar biasa. 

"Seperti yang kalian tahu, skuad timnas Indonesia masih sangat muda. Para pemain masih belum banyak pengalaman," kata Shin Tae-yong. 

"Namun, saya bisa melihat semangat para pemain. Saya bangga melihat perjuangan skuad ini sepanjang turnamen," ucap eks pelatih Seongnam Ilhwa Chunma ini. 

"Para pemain terus bergerak maju meski mendapat banyak kesulitan. Kami mendapatkan banyak pengalaman dari turnamen ini. Itulah hal terpenting," tutur Shin Tae-yong. 

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali juga meyakini bahwa bersama Shin Tae-yong, timnas Indonesia memiliki masa depan yang menjanjikan. 

Baca juga: 7 Pemain Timnas Indonesia Kepercayaan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020

"Pemain yang bermain di Piala AFF 2020 ini sebagian besar adalah pemain muda. Saya lihat di bawah pelatih Shin Tae-yong mereka memiliki perkembangan yang luar biasa. Jadi, saya tetap optimistis terhadap masa depan mereka bersama timnas," kata Zainudin Amali. 

Timnas Indonesia tak berhasil menjadi juara setelah kalah dari Thailand pada final Piala AFF 2020 yang berlangsung dengan sistem dua leg

Indonesia yang kalah 0-4 pada leg pertama mampu memberikan perlawanan lebih kepada Thailand pada leg kedua yang digelar di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022). 

Pertandingan tersebut berakhir sama kuat 2-2. Thailand pun berhak atas trofi juara Piala AFF setelah menang agregat dengan skor 6-2. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com