Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor 3 Pemain Label Eropa di Timnas Indonesia, Witan Paling Bersinar

Kompas.com - 02/01/2022, 10:20 WIB
Faishal Raihan

Penulis

Sumber AFF

KOMPAS.com - Semua pemain label Eropa yang dipangggil untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terbukti memberikan kontribusi nyata.

Timnas Indonesia berkekuatan 30 pemain untuk mengarungi Piala AFF 2020. Enam di antaranya adalah pemain yang berkarier di luar negeri.

Dari enam pemain tersebut, ada tiga yang merumput di Eropa, yakni Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Elkan Baggott (Ipswich Town/Inggris), dan Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia).

Dua nama pertama sudah berada di timnas Indonesia sejak penyisihan grup, sedangkan satu nama terakhir baru bergabung saat semifinal.

Selama perhelatan Piala AFF 2020, Witan, Elkan, dan Egy, ternyata mampu memberi kontribusi nyata bagi timnas Indonesia.

Baca juga: Klarifikasi Elkan Baggott Usai Dilarang Main di Final Piala AFF Lawan Thailand

Berikut rapor pemain label Eropa di timnas Indonesia sepanjang Piala AFF 2020:

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman mencetak gol pertama dalam laga Singapura vs Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam WIB.AFP/ROSLAN RAHMAN Witan Sulaeman mencetak gol pertama dalam laga Singapura vs Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam WIB.

Witan Sulaeman mencatatkan delapan penampilan di Piala AFF 2020. Artinya dia selalu dimainkan Shin Tae-yong dari penyisihan grup hingga final.

Gelandang berusia 20 tahun ini tujuh kali menjadi starter dan sekali berangkat dari bangku cadangan. Hal itu membuktikan bahwa Witan menjadi kepercayaan sang pelatih.

Kepercayaan itu dibayar Witan dengan torehan dua gol dan lima assist. Witan juga memuncaki daftar tops assist Piala AFF 2020.

Baca juga: Thailand Vs Indonesia: Egy Maulana Vikri Cetak Gol, Skor Imbang 2-2

2. Elkan Baggott

Selebrasi bek timnas Indonesia Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021). Dok. PSSI Selebrasi bek timnas Indonesia Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021).

Bek jangkung ini bermain lima kali sepanjang AFF Suzuki Cup 2020 dan semuanya sebagai pemain pengganti.

Elkan Baggott menyumbang satu gol dalam kemenangan 5-1 atas Malaysia di laga terakhir pnyisihan Grup B yang mengantarkan Indonesia ke semifinal Piala AFF 2020.

Pemain berusia 19 tahun ini juga pandai melepas umpan akurat. Akurasinya mencapai 85,1 persen, lebih tinggi dibanding Witan Sulaeman (73,1 persen).

Sebagai pemain bertahan, Elkan Baggott termasuk disiplin karena tidak pernah menerima kartu sepanjang penampilannya di Piala AFF 2020.

Baca juga: Rapor Barisan Striker Indonesia di Piala AFF 2020, Titik Lemah Garuda

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber AFF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com