Kompas.com - 31/12/2021, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Shin Tae-yong mengungkapkan empat pesepak bola Indonesia kemungkinan akan absen di kompetisi Piala AFF U23. 

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia dalam konferensi pers menjelang leg kedua final Piala AFF 2020. 

Keempat peman yang dimaksud adalah mereka yang merumput di luar negeri, seperti Egy Maulana Vikri (FK Senica), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), dan Elkan Baggott (Ipswich Town)

"Saya akan membawa skuad yang ada saat ini, tetapi pemain yang merumput di luar negeri seperti Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi, mungkin tidak bisa ikut AFF U23," kata Shin Tae-yong, Jumat (31/12/2021). 

Baca juga: Hasil Undian Piala AFF U23 2022, Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

Meski tanpa empat pemain tersebut, Shin Tae-yong menegaskan kembali membawa para pemain muda yang mengantarkan Indonesia ke final Piala AFF 2020. 

Ada beberapa pemain muda yang masih bisa bermain di kelompok U23, seperti Muhammad Riyandi (21 tahun), Rizky Ridho (20), Pratama Arhan (20), Rachmat Irianto (22), Alfeandra Dewangga (20), Ramai Rumakiek (19), hingga Hanis Saghara (22). 

"Pemain lainnya semuanya akan dibawa untuk membangun tim yang kuat ke depannya," ujar pelatih asal Korea Selatan itu melanjutkan. 

Adapun turnamen Piala AFF U23 dijadwalkan digelar pada 14-22 Februari 2022 dan diikuti 11 negara dengan Kamboja sebagai tuan rumah. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. 

Baca juga: Final Leg 2 Piala AFF 2020, Beda Indonesia dan Thailand di Mata Greg Nwokolo

Skuad Garuda akan datang ke Piala AFF U23 2022 dengan status juara bertahan. Pada edisi sebelumnya yang digelar pada 2019, Indonesia menjadi juara seusai menang 2-1 atas Thailand di final.

Namun, sebelum mempersiapkan timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong lebih dulu fokus pada final Piala AFF 2020. 

Timnas Indonesia akan melakoni leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022). 

Pada leg pertama yang digelar Rabu kemarin, timnas Indonesia kalah 0-4 dari Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.