Beda Kelas, Mantan Pelatih Timnas U19 Sebut Indonesia Kalah Mental dan Pengalaman

Kompas.com - 30/12/2021, 19:20 WIB

KOMPAS.com - Timnas Indonesia meraih hasil buruk di leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Thailand di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021) malam.

Timnas Indonesia terpaksa takluk dengan skor telak 0-4 dari tim berjuluk Gajah Perang tersebut.

Menanggapi hasil yang kurang menggembirakan di leg pertama final Piala AFF 2020 tersebut, pelatih Eduard Tjong turut angkat bicara.

Menurutnya, skuad Garuda masih beda level dengan Thailand yang jauh lebih matang dari segi teknik, stamina dan mental bertanding.

Dia menilai gol cepat Thailand memengaruhi mental bertanding pemain Timnas Indonesia.

Selepas Chanathip Songkrasin mencetak gol pada menit kedua, para pemain Timnas Indonesia semakin terlihat gugup menghadapi agresivitas permainan lawan.

“Kalau bicara beda level, ya beda level. Kedua, mungkin juga terlalu cepat kebobolan sehingga bikin (mental) drop,” ujar pelatih yang biasa disapa Coach Edu kepada Kompas.com.

Baca juga: 3 Penyebab Indonesia Kalah Telak dari Thailand Menurut Shin Tae-yong

Eduard Tjong juga mempertanyakan mengapa pelatih Shin Tae-yong tidak menurunkan pemain senior berpengalaman seperti Victor Igbonefo untuk tampil di pertandingan final leg pertama kemarin.

Mantan pemain Arseto tersebut menilai kehadiran pemain senior sangat diperlukan untuk memberi motivasi kepada rekan-rekan setimnya yang relatif masih cukup muda.

Dia juga mengamati permainan Timnas Indonesia terlalu monoton dan memaksakan bermain satu dua sentuhan terutama di lini depan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.