Kompas.com - 30/12/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Bali United dan PSM Makassar terpilih sebagai wakil Indonesia di kompetisi Piala AFC 2022. 

Hal tersebut diketahui setelah kedua tim menerima surat dari PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) pada Senin (27/12/2021). 

Bali United dipilih karena merupakan juara Liga 1 Indonesia 2019. Sementara itu, PSM berstatus sebagai kampiun Piala Indonesia 2019. 

Adapun dalam suratnya, PSSI juga menyebutkan tiga pertimbangan memilih Bali United dan PSM Makassar untuk mewakili Indonesia di Piala AFC 2022

Baca juga: PSM Makassar Resmi Umumkan Joop Gall sebagai Pelatih Baru

Pertama adalah karena terhentinya kompetisi Liga 1 musim 2020 pada pekan ketiga karena pandemi virus corona sehingga tidak ada tim yang menjadi juara. 

Pertimbangan yang kedua ialah masih berjalannya musim kompetisi 2021-2022 dan yang terakhir adalah mempertimbangkan hasil Club Licencing Cycle 2021. 

Baca juga: Bali United Resmi Rekrut Privat Mbarga, Pemain yang Pernah Jadi Momok di Piala AFC 2020

Penunjukan PSSI kepada Bali United dan PSM Makassar sebagai wakil Indonesia di kompetisi ini juga sudah mendapat persetujuan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Bagi Bali United, ini akan menjadi kali ketiga bertanding di Piala AFC. Tim berjuluk Serdadu Tridadu itu pertama kali tampil pada Piala AFC 2018. 

Kemudian, mereka juga menjadi wakil Indonesia di kompetisi yang sama musim 2020, tetapi harus ditunda ke musim 2021 karena pandemi virus corona. 

Namun, pada akhirnya, Bali United tak melanjutkan perjuangan mereka setelah AFC menyatakan bahwa seluruh pertandingan fase Grup G, H, dan I yang diisi tim-tim Asia Tenggara dibatalkan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.