Kompas.com - 30/12/2021, 11:30 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Timnas Indonesia harus menelan pil pahit usai takluk dari Thailand dengan skor telak 0-4 pada laga leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) malam.

Bukan hanya soal skor, Asnawi Mangkualam dkk juga kalah jauh dari segi statistik pertandingan.

Ditilik dari penguasaan bola, timnas Indonesia hanya mampu mencatat persentase sebesar 33 persen berbanding 67 persen milik Thailand.

Soal jumlah tembakan, timnas Indonesia mencatatkan 4 upaya dan hanya satu yang on target.

Sementara, timnas Thailand berhasil membuat 19 tembakan dan 9 di antaranya mengarah tepat ke gawang Indonesia kawalan Nadeo Argawinata.

Baca juga: Thailand Menang atas Indonesia, Mano Polking Sebut Anak Asuhnya Luar Biasa

Melihat statistik pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 tersebut, mantan kapten timnas Indonesia, Charis Yulianto, mengakui keunggulan Thailand.

“Kita harus akui Thailand lebih siap secara mental, permainan, kualitas individu, taktik dan Thailand layak memenangkan pertandingan,” tutur Charis Yulianto yang sekarang bekerja sebagai pelatih tim Liga 3 NZR Sumbersari FC, kepada Kompas.com.

“Thailand sangat rapi dalam hal bertahan, menyerang, dan transisi. Ini harus disadari buat timnas kita, pembelajaran dan pengalaman. Kita masih kalah kualitas dan kalah level,” kata Charis Yulianto lagi.

Pemain Thailand Chanathip Songkrasin (kiri) beradu dengan pemain Indonesia Alfeandra Dewangga Santosa pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020.AFP/ROSLAN RAHMAN Pemain Thailand Chanathip Songkrasin (kiri) beradu dengan pemain Indonesia Alfeandra Dewangga Santosa pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Timnas Indonesia takluk 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020.

Charis Yulianto menilai gol cepat Thailand yang dicetak Chanathip Songkrasin pada menit ke-2 memengaruhi mental bermain timnas Indonesia.

Menurutnya hal itu tidak akan terjadi apabila pemain Indonesia mampu menjaga fokus dan tidak melakukan kesalahan di lini pertahanan sendiri.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.