Kompas.com - 29/12/2021, 21:28 WIB

KOMPAS.com  - Pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand telah rampung digelar di Stadion Nasional, Singapura, pada Rabu (29/12/2021) malam WIB. 

Hasilnya, Thailand menang dengan skor 3-0 berkat aksi Chanathip Songkrasin (2 gol), Supachok Sarachat, dan Bordin Phala. 

Gol pembuka Thailand dicetak Chanathip dari aksi Philip Roller yang berhasil mengecoh tiga pemain di sisi kiri pertahanan timnas Indonesia.

Philip Roller kemudian langsung mengirim umpan silang mendatar ke Chanathip yang berdiri di kotak penalti.

Baca juga: Leg 1 Final Piala AFF Indonesia Vs Thailand: Duel Top Assist Witan Vs Narubadin

Tanpa mengontrol bola, Chanathip memilih langsung melepaskan tendangan keras kaki kiri. Tembakan Chanathip itu meluncur deras ke sisi kiri atas gawang Nadeo Argawinata.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-52, Chanathip kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Thailand menggandakan keunggulan menjadi 2-0. 

Thailand kemudian menjauh dengan skor 3-0 melalui gol Supachok Sarachat. 

Dia menyambar umpan Philip Roller dari sisi kiri pertahanan Indonesia untuk menjebol gawang Nadeo. Thailand semakin menjauh, kini meninggalkan Garuda tiga gol tanpa balas.

Thailand kemudian unggul 4-0 saat pertandingan tersisa 7 menit, tepatnya pada menit ke-87, setelah Bordin Phala menjebol gawang Indonesia yang dikawal kiper Nadeo Argawinata. 

Pertandingan final Piala AFF 2020 masih akan berlanjut pada leg kedua yang dijadwalkan digelar di venue sama pada Sabtu (1/1/2022). 

Baca juga: Indonesia Vs Thailand, Kesempatan Garuda Akhiri Kutukan Runner Up

Jadwal Final Piala AFF 2020

Sabtu (1/1/2022)

19.30 WIB - Thailand vs Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.