Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Piala AFF Indonesia Vs Thailand: Gairah Muda Garuda Tantang Pengalaman Gajah Perang

Kompas.com - 29/12/2021, 04:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Thailand bermaterikan banyak pemain senior dan memiliki pengalaman mentas di laga final Piala AFF. Pengalaman Thailand akan dilawan Indonesia dengan gairah muda.

Final Piala AFF 2020 akan menampilkan duel antara Indonesia vs Thailand.

Partai Indonesia vs Thailand akan dilangsungkan dua leg di National Stadium, Singapura, masing-masing pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022).

Duel Indonesia vs Thailand bakal menjadi benturan antara pasukan muda melawan tim kenyang pengalaman.

Indonesia arahan Shin Tae-yong memang banyak mengandalkan talenta belia di Piala AFF 2020.

Rata-rata usia penggawa timnas Indonesia di Piala AFF 2020 adalah 23,7 tahun.

Baca juga: Final Piala AFF: Bola Itu Bulat, Bukan Jargon Omong Kosong buat Shin Tae-yong

Kala mengawali kiprah di Piala AFF 2020, tak banyak personel skuad Garuda yang punya modal pengalaman di atas 10 penampilan untuk timnas.

Sebaliknya, Thailand diisi oleh banyak pemain senior. Dari 30 penghuni skuad Gajah Perang di Piala AFF 2020, hanya ada 10 nama yang berusia 25 tahun ke bawah.

Bahkan, beberapa penggawa andalan Thailand kala mengalahkan Indonesia di final Piala AFF 2016 silam masih bertahan di tim sekarang.

Sebut saja nama-nama seperti Theerathon Bunmathan (31 tahun), Sarach Yooyen (29), Chanathip Songkrasin (28), dan Teerasil Dangda (33).

Sarach Yooyen menyadari keunggulan pengalaman Thailand atas Indonesia. Walau begitu, gelandang berusia 29 tahun tersebut mengantisipasi kesulitan yang mungkin dihadirkan pasukan muda Garuda.

“Pengalaman kami di kompetisi ini memang lebih banyak daripada skuad timnas Indonesia sekarang. Namun, timnas Indonesia tetap bermain sangat baik meski dengan pemain muda di sini,” kata Sarach Yooyen dalam konferensi pers jelang final Piala AFF 2020.

Baca juga: Final Piala AFF: Indonesia Cerdik Membaca Lawan, Ancaman untuk “Tiki-taka” Thailand

“Kami akan mencoba bermain dengan baik dan tidak banyak melakukan kesalahan sendiri. Dua pertandingan ke depan akan sulit. Kami akan fokus dengan permainan kami sendiri.”

“Kami sangat percaya diri mampu melanjutkan penampilan kami yang sudah baik sebelumnya untuk memenangi turnamen ini,” tutur Sarach Yooyen lagi.

Partai Indonesia vs Thailand bukan cuma jadi panggung duel antara skuad muda melawan tim kenyang pengalaman.

Final Piala AFF 2020 juga merupakan medan tempur antara tim tertajam turnamen melawan skuad pemilik lini defensif terbaik.

Indonesia sejauh ini berstatus sebagai tim paling produktif turnamen dengan catatan 18 gol dalam 6 laga.

Sebaliknya, Thailand memukau dengan rapor defensif oke. Gawang skuad Gajah Perang baru sekali tertembus dalam perjalanan menapak ke final Piala AFF 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com