Final Piala AFF: Indonesia Cerdik Membaca Lawan, Ancaman untuk “Tiki-taka” Thailand

Kompas.com - 28/12/2021, 21:40 WIB
|

KOMPAS.com - Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking, merasa bangga dengan kemampuan anak asuhnya yang konsisten mendominasi penguasaan bola. Di lain sisi, Indonesia datang dengan kecerdikan membaca gaya bermain lawan.

Final Piala AFF 2020 akan menyajikan laga antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura.

Partai final Piala AFF 2020 dilangsungkan dalam dua leg pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022).

Jelang final Piala AFF 2020, pelatih Thailand, Alexandre Polking, tak sepakat dengan pendapat peracik taktik Indonesia, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong (STY) sempat berkomentar mengenai penguasaan bola Thailand yang dirasanya tidak terlalu bagus.

"Saya terkejut dengan hal itu (komentar Shin Tae-yong). Kami memainkan enam pertandingan sejak fase grup dengan penguasaan bola yang lebih baik dari lawan kami," kata Polking dalam jumpa pers menjelang laga Indonesia vs Thailand, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Indonesia Vs Thailand: Kamuflase Garuda Tambah PR Pelatih Gajah Perang

Alexandre Polking merasa poin yang dibicarakan Shin Tae-yong adalah performa Thailand pada semifinal leg kedua kontra Vietnam yang berkesudahan 0-0.

"Namun, mungkin yang dimaksud Shin Tae-yong adalah cara bermain kami pada laga vs Vietnam. Kami mengambil pendekatan yang berbeda. Dalam situasi itu, kami harus memiliki pendekatan berbeda demi kemenangan.”

"Kami telah terbukti mampu menguasai penguasaan bola dalam banyak pertandingan. Jadi, tidak ada yang salah dengan penguasaan bola kami," kata Polking.

Thailand memang menjadikan penguasaan bola sebagai dasar dari pendekatan bermain tim. Tengok saja kemenangan 2-0 Thailand atas Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 yang diwarnai dwigol Chanathip Songkrasin. 

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.