Final Piala AFF: Tinggal Selangkah Menuju Juara, Shin Tae-yong Menerawang Indonesia 10 Tahun ke Depan

Kompas.com - 27/12/2021, 21:40 WIB
|

KOMPAS.com - Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia ibarat kata tinggal selangkah lagi menuju gelar juara Piala AFF 2020. Kendati demikian, Shin Tae-yong menegaskan kembali tentang pentingnya rencana jangka panjang.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong memastikan diri menapak ke partai final Piala AFF 2020 usai menekuk tuan rumah Singapura di babak semifinal dengan keungggulan agregat 5-3.

Duel klasik antara Indonesia vs Thailand pun akan tersaji pada laga final Piala AFF 2020 yang digelar dalam sistem dua leg di National Stadium, Singapura pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022).

Partisipasi di final Piala AFF 2020 merupakan keberhasilan keenam Indonesia menembus laga puncak turnamen antarnegara Asia Tenggara paling bergengsi ini.

Baca juga: Indonesia Vs Thailand, Shin Tae-yong Akui Gajah Perang Lebih Kuat, tetapi…

Sebelumnya, Indonesia juga sukses menapak sampai final pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Walau terhitung sering menembus final Piala AFF, Indonesia belum berhasil tampil sebagai kampiun.

Sebaliknya, Thailand, merupakan tim tersukses di sepanjang sejarah Piala AFF via koleksi 5 titel juara.

“Bola itu bulat. Tak ada yang tahu siapa yang akan menang,” tutur Shin Tae-yong menyikapi laga final Piala AFF 2020 dalam wawancara via telepon dengan media Korea Selatan, News 1.

Shin Tae-yong kurang selangkah lagi bisa mengantarkan Indonesia kepada pencapaian bersejarah, yakni dengan menjadi juara Piala AFF untuk pertama kali.

Walau begitu, sang pelatih asal Korea Selatan berusia 51 tahun tersebut kembali menegaskan proyek jangka panjang, yang tentunya tak kalah penting.

Baca juga: Akibat Ledek Faris Ramli, Asnawi Dapat Teguran Keras dari Shin Tae-yong

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.