Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Fisik Pemain Indonesia Perlu Dipoles Lagi guna Maksimalkan Taktik Shin Tae-yong

Kompas.com - 24/12/2021, 21:40 WIB

KOMPAS.com - Mantan pelatih fisik timnas U19 Indonesia, Sofie Imam Faizal, memberikan pendapatnya soal penampilan timnas Indonesia jelang menjalani leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam.

Berdasarkan pertandingan leg pertama, dia mengatakan pemain Indonesia butuh berusaha lebih keras lagi meningkatkan fisik supaya bisa mengeksekusi taktik pelatih Shin Tae-yong secara maksimal.

Pelatih fisik yang pernah menjadi bagian Sabah FA tersebut melihat Rachmat Irianto dkk sudah bermain impresif di awal pertandingan, bahkan sukses memimpin lebih dulu pada paruh babak pertama.

Namun, fisik pemain tidak cukup mampu menahan intensitas tinggi yang diinginkan Shin Tae-yong.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala AFF Leg 2 Timnas Indonesia Vs Singapura

"Babak pertama, timnas bermain agresif dan banyak high press dan berusaha cetak gol yang mengakibatkan kondisi fisik pemain menurun,” ujar pelatih asal Situbondo itu kepada Kompas.com.

"Beberapa pemain Indonesia mampu memenangi duel dan merebut bola di area lapangan Singapura," katanya.

Karena penurunan fisik tersebut, Shin Tae-yong akhirnya mengubah strategi di babak kedua. Beberapa pemain baru dimasukkan untuk suntikan tenaga yang lebih segar.

Tempo permainan juga diturunkan, diyakini salah satu alasannya Shin Tae-yong ingin menyimpan tenaga karena masih ada leg kedua.

Baca juga: Timnas Indonesia Dinilai Terlalu Agresif, Ini Kata Shin Tae-yong

"Pada babak kedua kelihatan taktik berbeda masuknya Ezra Walian dan Elkan Bagot untuk mengamankan kemenangan. Pemain melakukan press di area setengah lapangan dan sesekali melakukan counter attack untuk memasimalkan fisik secara endurance dan speed endurance," kata Sofie Imam.

"Ditambahnya Evan Dimas masuk menguatkan ball possesion dan mengatur tempo recovery di dalam permainan setelah melakukan pressing di tengah dan melakukan counter attack," katanya.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), menyalaman Irfan Jaya setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, pada Minggu (19/12/20201). SUHAIMI ABDULLAH/AFP Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), menyalaman Irfan Jaya setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, pada Minggu (19/12/20201).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+