Kompas.com - 24/12/2021, 05:15 WIB
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), menyalaman Irfan Jaya setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, pada Minggu (19/12/20201). SUHAIMI ABDULLAH/AFPPelatih Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), menyalaman Irfan Jaya setelah mencetak gol kedua dalam pertandingan Piala AFF 2020 antara Malaysia vs Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, pada Minggu (19/12/20201).
|

KOMPAS.com - Media Korea Selatan, Hankook Ilbo, menulis bahwa Shin Tae-yong dan timnas Indonesia bisa menaruh harapan pada leg kedua semifinal Piala AFF. Di lain sisi, Park Hang-seo dinilai butuh keajaiban.

Leg pertama semifinal Piala AFF 2020 sudah rampung digelar. Hasilnya, laga Singapura vs Indonesia berujung imbang 1-1 sementara duel Vietnam vs Thailand berkesudahan 0-2.

“Pastinya tidak memuaskan. Saya sudah menduga bahwa ada saatnya timnas Indonesia lelah dan ini yang sedang kita alami,” kata pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, usai melihat anak asuhnya ditahan imbang Singapura di National Stadium, Rabu (22/12/2021)

“Tetapi, lebih baik lelahnya datang sekarang supaya bisa menyiapkan pertandingan berikutnya lebih baik lagi,” ujar Shin Tae-yong lagi.

Pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Indonesia racikan Shin Tae-yong berhasil unggul lebih dulu via gol Witan Sulaeman (28’).

Baca juga: 3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020, Apa Saja?

Singapura lantas bisa memanfaatkan penurunan kondisi fisik pemain Indonesia dengan mencetak gol balasan pada menit ke-70 melalui sepakan Ikhsan Fandi.

“Seperti yang sudah saya katakan. Dalam turnamen pasti ada saat-saat sulit dan kami sedang mengalaminya,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai duel kontra Singapura.

“Namun, jika tim beristirahat dengan baik dan diberi waktu pemulihan cukup, itu akan meningkatkan kondisi pemain dan kami akan mendapatkan hasil yang lebih baik pada leg kedua,” ujar eks pelatih Seognam Ilhwa Chunma itu optimistis.

Nasib Shin Tae-yong memang lebih baik daripada kompatriotnya yang memegang kendali taktik Vietnam, Park Hang-seo.

Park Hang-seo mendapati anak asuhnya Vietnam kalah 0-2 kala meladeni Thailand pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Kamis (23/12/2021).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.