Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Kinerja Wasit Vietnam Vs Thailand, Park Hang-seo Sebut Satu Permintaan

Kompas.com - 24/12/2021, 04:15 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Park Hang-seo merasa anak asuhnya, Vietnam, dirugikan oleh keputusan wasit pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Thailand.

Park Hang-seo mendapati pasukannya, timnas Vietnam, kalah 0-2 dari Thailand pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB.

Kekalahan Vietnam hadir usai penyerang lincah Thailand, Chanathip Songkrasin alias Messi Jay, mencetak dwigol pada menit ke-14 dan 23.

Sepanjang pergelaran Piala AFF 2020, baru kali ini Vietnam asuhan Park Hang-seo menelan kekalahan dan menderita kebobolan.

Media Vietnam, The Thao 247, menyorot kinerja wasit asal Qatar, Saoud Ali Al-Adba, yang disebut membuat beberapa keputusan meragukan.

Baca juga: Vietnam Vs Thailand: Rekor Fantastis Park Hang-seo Hancur oleh Gajah Perang

Pertama adalah insiden yang menimpa Nguyen Van Toan saat dilanggar di luar kotak penalti oleh kiper Thailand, Chatchai Budprom.

Wasit hanya memberikan kartu kuning untuk pelanggaran Budprom yang beraksi keluar dari sarangnya dan menarik kostum Van Toan.

Pemain-pemain Vietnam juga kesal saat wasit tak menunjuk titik putih pada masa injury time, ketika gelandang Thailand, Weerathep Pomphan, tampak menyentuh bola dengan tangannya.

Apa komentar pelatih Vietnam, Park Hang-seo soal kinerja wasit Saoud Ali Al-Adba?

“Saya tak ingin membicarakan wasit lagi sekarang. Semoga, jika dia (wasit) punya kesempatan, dia bisa menyaksikan laga ini kembali dan merasakannya. Walaupun kalah 0-2, pemain saya bermain baik,” kata Park Hang-seo seperti dilansir dari The Thao 247.

Kendati ogah banyak menyinggung soal kinerja sang pengadil lapangan hijau, Park Hang-seo tak ragu untuk melayangkan permintaan kepada Piala AFF.

Baca juga: Hasil Vietnam Vs Thailand: Gajah Perang Menang 2-0, Noda Pertama Pasukan Park Hang-seo

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyebut urgensi penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada penyelenggaraan berikut Piala AFF.

“Sekarang, tren turnamen di seluruh dunia adalah menggunakan VAR untuk membantu wasit. Kita banyak mendapatkan sponsor, VAR seharusnya dipakai pada turnamen berikut. Teknologi ini memungkinkan wasit membuat keputusan tepat,” kata Park Hang-seo.

Hasil minor pada leg pertama mewajibkan Vietnam besutan Park Hang-seo untuk menang dengan margin minimal dua gol pada leg kedua, guna menghidupkan asa lolos ke final Piala AFF 2020.

Partai leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Thailand vs Vietnam akan berlangsung, Minggu (26/12/2021) di National Stadium, Singapura.

Aturan gol tandang tak berlaku pada semifinal Piala AFF 2020. Artinya, jika agregat kedua tim sama usai 180 menit berduel, laga akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waku.

Apabila agregat masih sama kuat setelah perpanjangan waktu, maka adu penalti akan menjadi jalan terakhir untuk menentukan pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com