Kompas.com - 20/12/2021, 12:40 WIB

KOMPAS.com - Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 usai mengalahkan Malaysia pada hari terakhir babak penyisihan Grup B. 

Pertandingan timnas Indonesia vs Malaysia yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB, berakhir 4-1 untuk kemenangan skuad Garuda. 

Setelah kebobolan lebih dulu akibat gol Kogileswaran Raj (13'), Indonesia bangkit dan mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-1 berkat gol Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43. 

Timnas Indonesia kemudian memperlebar jarak keunggulan pada babak kedua melalui gol jarak jauh Pratama Arhan (50'), sebelum memastikan kemenangan berkat tandukan Elkan Baggott (82'). 

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Malaysia: Pelatih Akui Kekalahan, Harimau Malaya Pantas Dihukum

Kemenangan 4-1 atas Malaysia mengantarkan Indonesia meraih tiga poin dan berhak memuncaki klasemen akhir Grup B dengan koleksi 10 poin. 

Jumlah poin itu sama dengan milik Vietnam yang menempati urutan kedua, tetapi Garuda berhak menjadi pemuncak klasemen karena unggul produktivitas gol. 

Adapun Vietnam finis di urutan kedua setelah menang telak 4-0 atas Kamboja pada pertandingan yang juga berlangsung kemarin malam di Stadion Bishan, Singapura. 

Sementara itu, kekalahan dari Indonesia memastikan Malaysia gagal melaju ke semifinal karena hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup B dengan catatan 6 poin. 

Dengan demikian, Indonesia yang berstatus sebagai juara grup dan Vietnam yang merupakan runner up berhak mengisi dua tempat yang tersisa di semifinal Piala AFF 2020

Indonesia dan Vietnam bergabung dengan Thailand serta Singapura yang terlebih dahulu menyegel tiket babak empat besar. 

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.