Kompas.com - 19/12/2021, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan menjalani laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 melawan Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Pelatih kenamaan Indonesia, Rahmad Darmawan, melihat timnas Indonesia punya peluang besar untuk menang atas Harimau Malaya.

“Kans kita cukup besar untuk menang kali ini,” ujar pelatih yang sudah merasakan dua gelar juara Liga Indonesia dan tiga gelar Piala Indonesia tersebut kepada Kompas.com.

Keyakinan Rahmad Darmawan berdasarkan performa yang ditunjukkan kedua tim, khususnya saat melawan Vietnam.

Timnas Indonesia tampil perkasa dengan menang besar melawan Kamboja (4-2) dan Laos (1-5). Namun, pada pertandingan melawan Vietnam, anak asuh Shin Tae-yong memutuskan bermain pragmatis.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Malaysia: Garuda Tangguh, Harimau Malaya Tak Gentar

Timnas Indonesia menunjukan kualitas untuk menahan permainan sang juara bertahan yang juga tim dengan ranking FIFA tertinggi di Piala AFF 2020 ini.

Sementara, Malaysia berhasil menang lawan Kamboja (3-1) dan Laos (4-0). Namun, Harimau Malaya tidak berkutik saat melawan Vietnam dengan tiga gol tanpa balas (3-0).

Hal ini kemudian yang membuat Rahmad Darmawan cukup yakin Timnas Indonesia bisa memenangi duel lawan Malaysia. Sebab dari segi kualitas Malaysia masih dibawah Vietnam.

Manajer sekaligus pelatih Madura United musim 2021, Rahmad Darmawan.KOMPAS.com/Suci Rahayu Manajer sekaligus pelatih Madura United musim 2021, Rahmad Darmawan.

“Kekuatan organisasi pertahanan kita sangat teruji saat melawan Vietnam. Sementara, Malaysia tidak secepat Vietnam saat menyerang,” tutur pelatih yang biasa dsapa RD.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Malaysia, Maksimalkan Sayap-sayap Garuda!

Di sisi lain, Timnas Indonesia juga harus waspada sebab Malaysia mendapatkan suntikan tenaga baru dari pemain-pemain yang baru saja datang dan kembali setelah karantina.

Timnas Indonesia sendiri cukup membutuhkan hasil seri untuk bisa melenggang ke babak semifinal, dengan asumsi Vietnam menang atas Kamboja di laga terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.