Kompas.com - 10/12/2021, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Timnas Indonesia dikatakan masih mempunyai masalah klasik yang tampak masih belum bisa dipecahkan oleh pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 ini.

Opini ini datang dari pengamat sepak bola senior Weshley Hutagalung setelah timnas Indonesia bermain 4-2 lawan Kamboja pada laga pembuka Grup B Piala AFF, Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Timnas Indonesia terpaksa kebobolan dua gol dari Kamboja walau Evan Dimas cs tampak dominan pada laga di Stadion Bishan, Singapura, tersebut.

Menurut Weshley Hutagalung, Piala AFF 2020 sebenarnya bersahabat secara jadwal dengan tim asuhan Shin Tae-yong.

"Indonesia bisa menonton dan memelajari permainan Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia yang saling berjibaku di laga perdana Grup B," ujarnya kepada Kompas.com.

"Setelah melihat Kamboja kalah 1-3 dari Malaysia di laga perdana mereka di Grup B, tidak heran bila pelatih Shin Tae-yong menurunkan formasi yang bisa disebut bukan pilihan utama."

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Akhir Pekan Ini Lawan Laos

"Memang, Kamboja mampu mencetak satu gol ke gawang Malaysia, namun gol lewat penalti rasanya masih bisa disebut bukan ancaman nyata bagi pertahanan Indonesia."

Melawan Kamboja, pelatih Shin Tae-yong ia katakan seolah sudah memahami taktik yang akan diterapkan.

D starting line-up juga tidak terlihat Victor Ibgonefo mengawal lini pertahanan.

Begitu pula pemain keturunan, Elkan Baggott, yang bahkan tidak masuk daftar pemain untuk diturunkan menghadapi Kamboja karena jadwal ketibaan yang mepet di Singapura dengan pertandingan menghadapi sang lawan.

Rachmat Irianto membukukan gol pertama dan gol ketiga timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2021 kontra Kamboja, di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB.PSSI Rachmat Irianto membukukan gol pertama dan gol ketiga timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2021 kontra Kamboja, di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.