Kompas.com - 10/12/2021, 07:15 WIB
|

SINGAPURA, KOMPAS.com - Keluhan pelatih tim nasional Vietnam, Park Hang-seo, kepada panitia Piala AFF 2020 lantaran menyediakan daging babi sangat berdasar. 

Salah satu media Vietnam, Vietnam News, menurunkan artikel soal betapa pentingnya daging babi bagi tim berjulukan The Golden Warriors tersebut. 

Baca juga: Selepas Kecewa soal Daging Babi, Pelatih Vietnam Ungkap Kekhawatiran Mata-mata

Vietnam News menilai, tim akan merasa nyaman ketika mendapatkan hidangan daging babi. 

"Hal ini mungkin terlihat sepele. Namun, para atlet perlu merasakan kenyamanan seperti di rumah agar mereka bisa melakukan yang terbaik. Itu bisa membuat perbedaan antara menang dan kalah," tulis Vietnam News. 

"Tingkat kinerja fisik juga bisa turun tanpa asupan nutrisi yang cukup dan kemudian akan berdampak pada psikologis dari keberadaan mereka di tempat asing dengan makan makanan asing," lanjut tulisan tersebut. 

Tidak adanya daging babi mungkin tak terlalu berdampak saat Vietnam menang atas Laos dengan skor 2-0 pada pertandingan perdana Piala AFF 2020

Namun, menurut Vietnam News, Vietnam akan merasakan dampak "disingkirkannya" daging babi di akhir turnamen. 

"Vietnam mungkin merasa mudah untuk mengalahkan tim kecil Laos dengan dua gol. Masalah ini seolah nihil dalam pertandingan pembukaan mereka, tetapi aspek ini akan mereka butuhkan di tahap akhir turnamen dan mereka akan merasakan perbedaan antara mengonsumsi ayam dan babi," tulis Vietnam News

Suporter Vietnam dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020 antara Laos vs Vietnam di Stadion Bishan, pada 6 Desember 2021. SUHAIMI ABDULLAH/AFP Suporter Vietnam dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020 antara Laos vs Vietnam di Stadion Bishan, pada 6 Desember 2021.

Vietnam News berharap pihak terkait bisa menyelesaikan masalah ini sehingga tim bisa mendapatkan daging babi yang menjadi makanan favorit mereka. 

Sebelumnya, Park Hang-seo juga sempat mengungkapkan pentingnya daging babi bagi timnya. Dia menilai hidangan tersebut menjadi bagian dari budaya mereka. 

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.