Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Piala AFF 2020: Dua Rival Timnas Indonesia Petik Kemenangan

Kompas.com - 06/12/2021, 21:33 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Pesaing timnas Indonesia di Grup B, yakni Malaysia dan Vietnam, sama-sama menuai start bagus di Piala AFF 2020

Malaysia mengawali langkah mereka di pergelaran Piala AFF 2020 dengan hasil sempurna. Tim beralias Harimau Malaya menekuk Kamboja 3-1 pada laga perdana mereka di Grup B.

Laga Grup B Piala AFF 2020 antara Kamboja vs Malaysia berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, Senin (6/12/2021) sore WIB.

Harimau Malaya menekuk Kamboja 3-1 berkat sumbangan gol Safawi Rasid (23’ pen.), Akhyar Rashid (61’), dan Kogileswaran Raj (78’).

Kamboja yang dibesut pelatih asal Jepang, Ryu Hirose, dan didampingi oleh eks pilar AC Milan, Keisuke Honda, sebagai General Manager tim, hanya mampu sekali membalas.

Baca juga: Hasil Piala AFF: Didampingi Keisuke Honda, Kamboja Ditekuk Malaysia 1-3

Gol Kamboja lahir pada menit-menit terakhir laga melalui sepakan penalti Sath Rosib (90').

Vietnam, yang tampil dengan membawa status sebagai juara bertahan Piala AFF, juga mencatat awalan mantap. 

Pada laga perdana mereka di Piala AFF 2020 kontra Laos di Stadion Bishan, Senin (6/12/2021) malam WIB, skuad beralias The Golden Star itu menang 2-0. 

Kemenangan Vietnam arahan Park Hang-seo dipastikan oleh gol-gol Nguyen Cong Phuong (26') dan Phan Van Duc (55').

Vietnam memegang kendali mutlak atas Laos yang diperkuat Billy Ketkeophomphone, penyerang kelahiran Perancis yang kini mentas di klub Ligue 2, Dunkerque. 

Persentase penguasaan bola anak asuh Park Hang-seo mencapai 76,3 persen dan tercatat melepas 11 tembakan dengan 6 di antaranya akurat. 

Baca juga: Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Incar Start Apik untuk Hapus Tren Buruk

Skor kemenangan Vietnam sejatinya bisa lebih mencolok andai penalti Vu Van Thanh pada menit ke-75 tak dihentikan oleh kiper Laos, Keo-Oudone Souvannasangso.

Berbekal raihan kemenangan di laga pembuka, Malaysia dan Vietnam kini beriringan di tangga satu dan dua klasemen Grup B. Posisi ketiga dihuni Indonesia yang belum bertanding, diikuti Kamboja dan Laos.

Adapun timnas Indonesia yang juga tergabung di Grup B baru dijadwalkan mentas pada Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB. 

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangan di Piala AFF 2020 dengan menantang Kamboja di Stadion Bishan. 

"Kami harus menunjukkan bahwa kami sudah siap. Kami butuh tiga angka di pertandingan pertama," ujar penyerang timnas Indonesia yang memperkuat Persib Bandung, Ezra Walian.

"Sebab, laga pertama di sebuah turnamen selalu penting. Saya berharap kami memenangi laga pertama, dan makin berkembang di turnamen ini," tutur Ezra Walian melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com