Kompas.com - 04/12/2021, 17:20 WIB
Dokter Tim PS Sleman, Elwizan Aminuddin, usai latihan di Stadion Maguwoharjo Sleman (2/7/2021) sore.
PSS Sleman Dokter Tim PS Sleman, Elwizan Aminuddin, usai latihan di Stadion Maguwoharjo Sleman (2/7/2021) sore.

KOMPAS.com - Elwizan Aminuddin menjadi sorotan karena kasusnya sebagai dokter gadungan di PS Sleman.

Situasi tersebut menyita perhatian dokter tim Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang juga pernah menangani timnas wanita Indonesia, dr. Grace Joselini Corlesa Setiawan, MMRS, SpKO. 

Kasus dokter gadungan PS Sleman itu diketahaui seusai seorang kardiolog bernama Muhammad Iqbal Amin membongkar identitas Elwizan Aminuddin lewat akun Twitter pribadinya, @iqbalamin89. 

Dalam foto-foto yang diunggah Iqbal, terlihat bahwa bahwa Elwizan Aminuddin tidak terdaftar di aplikasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), maupun Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

Baca juga: Fenomena Dokter Gadungan PSS Sleman, Begini Tanggapan PSSI

Selain PS Sleman, Elwizan Aminuddin diketahui telah bekerja dengan beberapa klub Liga 1, seperti Madura United, Bali United, dan Barito Putera.

Tak hanya itu, Amin bahkan pernah menjabat sebagai dokter timnas Indonesia U16 dan U19.

Saat ditemui Kompas.com di Bali International Convention Centre, Sabtu (4/12/2021), dr. Grace Joselini sangat menyayangkan hal tersebut.

Dia menjelaskan bahwa sejatinya sangat mudah untuk mengecek keabsahan status dokter. 

"Sangat disayangkan klub yang ternama seperti PSS atau sekelas tim nasional bisa sampai kecolongan seperti itu," kata dr. Grace Joselini yang saat ini bertugas sebagai Medical Director di Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021. 

"Itu rekomendasinya dari mana? Dalam situasi ini ijazahnya dipalsukan. Sertifikat olahraga juga harus dilihat dari mana? kalau SPKO tidak mungkin karena jumlah kami di sini sedikit, jadi pasti saling kenal," ujar Grace. 

Dokter tim Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang juga pernah menangani timnas wanita Indonesia, dr. Grace Joselini Corlesa Setiawan, MMRS, SpKO. Agustinus Tri Mulyadi Dokter tim Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang juga pernah menangani timnas wanita Indonesia, dr. Grace Joselini Corlesa Setiawan, MMRS, SpKO.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.