Kompas.com - 01/12/2021, 21:45 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

BEIJING, KOMPAS.com - Empat bulan lamanya, Liga Super China (CSL) dirundung pandemi Covid-19.

Sebagaimana juga terjadi di banyak negara, pandemi Covid-19 membuat semua kegiatan sepak bola berhenti.

"Kami bangkit dan memulai kembali Liga Super China," kata pernyataan Federasi Sepak Bola China (CFA) pada Rabu (1/12/2021).

Para pemain dan ofisial pertandingan memberikan penghormatan kepada semua yang terpengaruh pandemi virus corona jelang laga Liga Super China antara Wuhan Zall dan Qingdao Huanghai di Suzhou, Sabtu (25/7/2020).AFP/STR Para pemain dan ofisial pertandingan memberikan penghormatan kepada semua yang terpengaruh pandemi virus corona jelang laga Liga Super China antara Wuhan Zall dan Qingdao Huanghai di Suzhou, Sabtu (25/7/2020).

Baca juga: Pandemi Corona, Juara Liga Super China Belum Bayar Gaji Pemain

CSL terhenti karena pandemi corona pada 15 Agustus 2021.

Terhentinya CSL membuat pelatih tim nasional China Li Tie kesulitan untuk memilih anggota skuad terbaiknya menghadapi kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang pria di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.AFP/NOEL CELIS Petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 dari seorang pria di stasiun pengumpulan asam nukleat di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.

"Kami akan memulai laga pertama pada Minggu (12/12/2021)," ucap CFA.

CFA dalam pernyataannya juga memberikan informasi bahwa selama laga-laga berlangsung, akan ada penerapan protokol kesehatan berkenaan dengan pencegahan meluasnya pandemi Covid-19.

CFA pun menyebut, penghuni empat posisi teratas pada fase grup akan beranjak ke fase perebutan juara CSL.

Sementara, empat urutan terbawah akan bersaing di babak playoff menghindari degradasi.

Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021. AP PHOTO/NG HAN GUAN Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021.

CFA mengatakan juara CSL delapan kali Guangzhou FC akan bersua dengan Beijing Guoan, Changchun Yatai, Guangzhou City, Hebei FC, Shandong Taishan, Shanghai Port, dan Shenzhen akan saling menumbangkan di putaran juara.

Laga-laga akan berlangsung di Guangzhou.

Foto bapak pendiri China, Mao Zedong terpasang di Tiananmen Square, Beijing, China. PIXABAY/ ZIBIK Foto bapak pendiri China, Mao Zedong terpasang di Tiananmen Square, Beijing, China.

Sementara, laga-laga untuk menghindari degradasi akan dilakoni Cangzhou Mighty Lions, Chongqing Athletic, Dalian Pro, Henan Longmen, Qingdao FC, Shanghai Shenhua, Tianjin Tigers, dan Wuhan FC.

Pertandingan di putaran degradasi berlangsung di Suzhou.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.