Kompas.com - 28/11/2021, 21:47 WIB
Logo Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) ditampilkan di markas AFC di Kuala Lumpur pada 15 Maret 2017 Logo Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) ditampilkan di markas AFC di Kuala Lumpur pada 15 Maret 2017

MANAMA, KOMPAS.com - Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa mengaku ada optimisme bahwa sepak bola akan kembali menggeliat.

"Perlahan tetapi pasti, sepak bola akan pulih sejak masa-masa tak menentu pada 2020 lalu," kata Salman dalam sambutannya pada Kongres Ke-31 AFC yang dilaksanakan secara virtual di Manama, mulai Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Libas Pohang Steelers, Al Hilal Juara Liga Champions Asia 2021

Sepak bola, kata Salman memang terkendala pandemi Covid-19.

Selebrasi pemain Al Hilal ketika merayakan gol Nasser Al-Dawsari ke gawang Pohang Steelers pada final Liga Champions Asia yang berlangsung di  King Fahd International Stadium pada Selasa (23/11/2021).AFP/ FAYEZ NURELDINE Selebrasi pemain Al Hilal ketika merayakan gol Nasser Al-Dawsari ke gawang Pohang Steelers pada final Liga Champions Asia yang berlangsung di King Fahd International Stadium pada Selasa (23/11/2021).

Pandemi itu juga melanda aktivitas sepak bola di Asia.

"Tetapi, saya berterima kasih karena sepak bola Asia tetap bersatu," kata Salman.

Lebih lanjut, Salman menjelaskan bahwa pada 2022 adalah periode krusial bagi sepak bola Asia.

Hilal's forward Moussa Marega reacts during AFC Champions League final football match between KSA's Al-Hilal and South Korea's Pohang Steelers on November 23, 2021, at the King Fahd International Stadium in the Saudi capital Riyadh. (Photo by AFP)- Hilal's forward Moussa Marega reacts during AFC Champions League final football match between KSA's Al-Hilal and South Korea's Pohang Steelers on November 23, 2021, at the King Fahd International Stadium in the Saudi capital Riyadh. (Photo by AFP)

"Pada 2022, Asia menjadi pusat sepak bola dunia," tuturnya.

Ia menyebut, pada 2022, Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA.

"Kita semua berharap bahwa melalui Piala Dunia di Qatar itu, keluarga sepak bola Asia mendengungkan marwah sepak bola global," ucapnya.

Sekelompok orang memegang spanduk bertuliskan See you in Qatar menjelang final Piala Dunia 2018 Rusia, yang merujuk pada gelaran turnamen sepak bola dunia empat tahunan yang selanjutnya akan dilangsungkan di Qatar pada 2022.AFP / JEWEL SAMAD Sekelompok orang memegang spanduk bertuliskan See you in Qatar menjelang final Piala Dunia 2018 Rusia, yang merujuk pada gelaran turnamen sepak bola dunia empat tahunan yang selanjutnya akan dilangsungkan di Qatar pada 2022.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung mulai 21 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Di bagian lain dari sambutannya, Salman menyucapkan selamat kepada klub Arab Saudi, Al Hilal yang menjadi juara Liga Champions Asia 2021 untuk kali keempat.

"Kami juga menyambut Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) menghelat final di Riyadh," tuturnya.

Penampakan Stadion Al-Thumama untuk Piala Dunia Qatar 2022 yang terinspirasi dari peciwww.qatar2022.qa Penampakan Stadion Al-Thumama untuk Piala Dunia Qatar 2022 yang terinspirasi dari peci

Al Hilal pada final tersebut, Selasa (23/11/2021) menumbangkan wakil Korea Selatan, Pohang Steelers dengan skor 2-0.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.