Kompas.com - 19/11/2021, 15:21 WIB
Pertandingan Persib vs Persija dalam lanjutan pertandingan Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPertandingan Persib vs Persija dalam lanjutan pertandingan Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

KOMPAS.com - Duel akbar akan tersaji pada pekan ke-12 Liga 1 2021-2022. Dua tim elite Tanah Air, Persib Bandung akan bertemu Persija Jakarta.

Tak dimungkiri, duel tersebut menjadi salah satu laga besar dalam sepak bola Indonesia karena kerap mengundang banyak atensi publik.

Sebagaimana layaknya pertandingan besar dalam kompetisi, duel Persib vs Persija pun sering kali berlangsung dengan tensi tinggi, baik di dalam lapangan maupun di luar arena pertandingan.

Baca juga: Rekor Unik Abanda Herman di Laga Persib Vs Persija

Tak ayal, hal tersebut membuat banyak pihak melabeli laga Persib vs Persija dengan berbagai macam istilah, antara lain El Clasico Indonesia.

Tidak ada yang salah sebenarnya dengan pelabelan laga klasik atau El Clasico dalam sebuah pertandingan sarat gengsi.

Namun, label tersebut agaknya terlalu berlebihan bila digunakan dalam pelabelan duel Persib vs Persija. Bahkan bisa dibilang salah kaprah.

Melihat kecenderungan penggunaan istilah laga klasik dalam pertandingan sepak bola, khususnya di kompetisi Eropa, pelabelan tersebut jamaknya digunakan pada laga yang mempertemukan dua kesebelasan dengan rivalitas yang sudah mendarah daging.

Rivalitas di sini tidak hanya melingkup pada hal-hal non teknis di luar lapangan, melainkan pula persaingan prestasi di dalam lapangan.

Sebagai contoh adalah rivalitas antara River Plate vs Boca Juniors di Argentina, yang dijuluki Superclasico. Pertemuan antara River Plate vs Boca Juniors disebut-sebut sebagai pertandingan sepak bola dengan tensi paling "tinggi" di muka bumi.

Atmosfernya begitu panas, baik di dalam maupun di luar lapangan sehingga pengawalan ketat dari pihak kepolisian setempat sudah pasti menjadi hal yang tak terelakkan kala dua tim asal Buenos Aires itu bertemu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.