Kompas.com - 18/11/2021, 21:21 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dalam sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (16/11/2021). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dalam sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (16/11/2021).

KOMPAS.comMenpora Zainudin Amali mengatakan rencana uji coba kehadiran penonton secara terbatas dalam pertandingan Liga 1 2021-2022 masih terus dimatangkan.

Adapun stadion yang memiliki fasilitas kursi tunggal atau single seat menjadi salah satu syarat dalam uji coba penonton Liga 1.

"Sedang dimatangkan dan stadion dalam penerapan uji coba kehadiran penonton ini harus yang single seat," kata Menpora Amali dalam konferensi pers virtual Kemenpora, Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Menurut Menpora Amali, tribune stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan ini dapat mendukung penerapan protokol kesehatan di Liga 1.

Baca juga: Hasil Borneo FC Vs Persipura: Boaz Solossa Lukai Sang Mantan, Pesut Etam Menang 1-0

Penonton yang hadir langsung menyaksikan pertandingan nantinya bisa menjaga jarak.

“Saya harap ini bisa diterapkan nantinya ya. Kenapa yang harus single seat, karena nanti bisa diatur jarak antara penontonnya dengan memberi tanda silang pada kursi,” ujar Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali juga siap memfasilitasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) jika ingin menggelar rapat koordinasi bersama Polri, Kemenkes, BNPB, maupun Satgas Penanganan Covid-19.

"Kalau PSSI sudah siap dan jika ingin ada pertemuan atau rapat koordinasi dengan Polri, satgas dan pihak terkait lainnya untuk membahas hal ini, saya akan komunikasikan," ujar Menpora Amali.

Baca juga: Menpora Sebut Jawa Barat Sebagai Sentra Utama Desain Besar Olahraga Nasional

Indonesia sendiri memiliki sejumlah stadion yang memiliki kursi perorangan.

Stadion-stadion yang dimaksud di antaranya adalah Si Jalak Harupat (Bandung), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo) dan beberapa stadion lain.

Stadion yang memiliki kursi tunggal ini tentunya juga akan memudahkan penyelenggara pertandingan dalam merancang posisi duduk penonton.

Baca juga: Menpora Bocorkan Teknis Penerapan Uji Coba Penonton Liga 1 2021

Uji coba kehadiran penonton di Liga 1 akan diterapkan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021, mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 1 November 2021.

Disebutkan bahwa pemerintah mengizinkan laga Liga 1 disaksikan penonton di stadion dengan jumlah 25 persen dari kapasitas maksimal atau paling banyak 5.000 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kemenpora
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.