Kompas.com - 05/11/2021, 13:20 WIB

KOMPAS.com - Pencarian pelatih baru Newcastle United telah menemui titik terang. Menurut pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano, The Magpies akan ditukangi oleh Eddie Howe.

Berdasarkan laporan Fabrizio Romano, Jumat (5/11/2021), Newcastle United telah mencapai kesepakatan dengan Eddie Howe yang saat ini berstatus tanpa klub.

Pelatih asal Inggris itu menjadi opsi alternatif Newcastle setelah pembicaraan mereka dengan Paulo Fonseca dan Unai Emery berakhir buntu.

Kini, The Magpies hanya perlu menyelesaikan sejumlah detail sebelum meresmikan Eddie Howe sebagai pelatih anyar.

Baca juga: Unai Emery Tolak Newcastle United!

Kedatangan Eddie Howe ke St James' Park menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, The Magpies digadang-gadang akan merekrut pelatih ternama usai diakuisisi Konsorsium Arab Saudi yang menjadikan mereka sekarang sebagai klub terkaya di dunia.

Sebelum Howe, nama lain yang lebih santer dikaitkan dengan The Magpies adalah Paulo Fonseca dan Unai Emery.

Bahkan, terdapat nama-nama beken lain yang sempat dikaitkan dengan Newcastle seperti Steven Gerrard, juga Antonio Conte sebelum dipinang Tottenham Hotspur.

Sementara itu, Eddie Howe sendiri bukanlah pelatih dengan CV bergelimang trofi.

Juru taktik berusia 43 tahun itu hanya pernah menukangi dua klub medioker Inggris, yakni Burnley dan Bournemouth, dalam karier kepelatihannya.

Periode terakhir saat dirinya melatih bahkan berakhir pahit menyusul Bournemouth yang terdegradasi dari Premier League musim 2019-2020.

Namun, di sisi lain Eddie Howe juga berhasil mengangkat Bournemouth dari kasta ketiga Liga Inggris hingga bertahan lima musim di Premier League walau dengan bujet belanja dan gaji jauh lebih kecil dari tim-tim lain.

Newcastle United sekarang terjebak di peringkat ke-19 Premier League dan tengah dipimpin oleh pelatih sementara Graeme Jones, menggantikan Steve Bruce yang telah dipecat.

Apabila Eddie Howe diresmikan Newcastle dalam waktu dekat, dia berpotensi memimpin The Magpies saat bertandang ke markas Brighton and Hove Albion pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (7/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.