Kompas.com - 05/11/2021, 09:40 WIB
Wasit Musthofa Umarella saat memimpin Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan pada pekan ke 8 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (21/10/2021) malam. KOMPAS.com/Suci RahayuWasit Musthofa Umarella saat memimpin Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan pada pekan ke 8 Liga 1 2021 yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (21/10/2021) malam.

SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah menanti cukup lama, Persebaya Surabaya mendapatkan jawaban yang dinantikan. Wasit Musthofa Umarella pemimpin laga Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan pada pekan ke-8 Liga 1 2021-2022 lalu akhirnya diistirahatkan.

Ahmad Riyadh, selaku Ketua Komite Wasit PSSI mengungkapkan, setelah proses evaluasi dan menimbang masukan dari berbagai sumber, diputuskan bahwa wasit Musthofa Umarella perlu bertanggung jawab atas laporan yang dikirimkan klub.

“Wasit Musthofa akan kita istirahatkan. Tidak boleh memimpin pertandingan Liga 1 maupun Liga 2,” ujar Ahmad Riyadh.

“Ada kesalahan yang mendasar saat ia memimpin. Karena itu, kita parkir dulu,” kata Ahmad Riyadh menambahkan.

Berdasarkan laporan dari Persebaya Surabaya, Musthofa Umarella dianggap lalai memimpin laga sehingga menyebabkan kerugian bagi tim berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Baca juga: Arema FC Vs Persebaya, Duel 2 Samurai Lini Tengah

Poin permasalahan terletak pada dua keputusan kontroversial beruntun yang terjadi pada menit ke-34 dan 36.

Kontroversi pertama terkait gol tendangan bebas Jose Wilkson yang tidak disahkan. Padahal, sebelum diamankan oleh kiper Persela Lamongan, Dwi Kuswanto, bola sepakan Wilkson terlihat sudah melewati garis gawang.

Musthofa Umarella justru mengesahkan gol dari Ivan Carlos yang berawal dari serangan balik, hanya beberapa detik setelah insiden tendangan bebas Jose Wilkson tadi. Padahal, Ivan Carlos tampak sudah dalam posisi offside.

“Semua sudah kita pelajari. Dan keputusannya seperti itu,”ujar Ahmad Riyadh, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI Jatim.

“Mohon maaf saya tak bisa mengumumkan detailnya, berapa lama wasit ini harus istirahat. Yang pasti, keputusan sudah kita ambil,” ujarnya menambahkan.

Bola terlepas dari kendali penjaga gawang Persela Lamongan Dwi Kuswanto yang ditembakkan pemain Persebaya Surabaya pada pekan ke 8 Liga 1 2021 dan berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (21/10/2021) malam.KOMPAS.com/Suci Rahayu Bola terlepas dari kendali penjaga gawang Persela Lamongan Dwi Kuswanto yang ditembakkan pemain Persebaya Surabaya pada pekan ke 8 Liga 1 2021 dan berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (21/10/2021) malam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.