Kompas.com - 10/10/2021, 15:40 WIB
Wasit berlisensi FIFA Thoriq Alkatiri saat memimpin pertandingan di PON XX Papua 2021. KOMPAS.com/Suci RahayuWasit berlisensi FIFA Thoriq Alkatiri saat memimpin pertandingan di PON XX Papua 2021.

JAYAPURA, KOMPAS.com - Wasit berlisensi FIFA Thoriq Alkatiri mengakui mendapatkan banyak pengalaman baru saat memimpin laga cabor sepak bola putra pada PON XX Papua 2021.

Dia mengatakan, turnamen olahraga yang melibatkan darah muda memang sulit ditebak dan menantang.

Thoriq Alkatiri menjadi satu dari enam wasit berlisensi FIFA yang ditugasi PSSI untuk memeriahkan PON XX Papua 2021.

Ada Dwi Purba dan Fariq Hitaba yang bertugas di pos wasit utama serta tiga asisten wasit, yakni Nurhadi, I Gede Selamet Raharja, dan Bangbang Syamsudar yang memegang lisensi FIFA.

Kehadiran keenam wasit berlisensi FIFA ini cukup mengundang perhatian mengingat ajang PON sejatinya diikuti pesepak bola level amatir.

Baca juga: Sepak Bola PON XX Papua, Jatim Tampil Tanpa Beban Hadapi Jabar

Akan tetapi, dia mengakui justru senang bisa menjadi bagian dari PON, apalagi antusias suporter yang ditunjukkan tak kalah dengan laga profesional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena memang ditugasi oleh PSSI dan PB (Pengurus Besar) POM minta untuk menyukseskan PON Papua. Ya saya dengan senang hati menerima tugas ini," ujar wasit bernama lengkap Thoriq Munir Alkatiri ini kepada Kompas.com.

"Ini acara empat tahun sekali, menurut saya tidak masalah meskipun amatir. Saya juga sudah tiga kali tugas PON di Pekanbaru, PON Jabar, dan PON Papua," katanya,

Mengenai aturan dan peraturan, Thoriq Alkatiri tetap memberlakukan aturan standar FIFA. Dia tetap memberlakukan pertandingan PON XX seperti layaknya pertandingan profesional.

Namun, diakui, beberapa sisi pertandingan PON menyuguhkan tantangan yang tidak biasa dibanding pertandingan profesional.

Baca juga: Cara Menpora Bangkitkan Roda Perekonomian Lewat PON XX Papua 2021

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.