Indonesia Vs Taiwan, Alasan Shin Tae-yong Turunkan 3 Debutan sebagai Starter

Kompas.com - 08/10/2021, 00:20 WIB
Ramai Rumakiek merayakan gol bagi timnas Indonesia ke gawang Taiwan pada laga leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, pada Kamis (7/10/2021). PSSIRamai Rumakiek merayakan gol bagi timnas Indonesia ke gawang Taiwan pada laga leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, pada Kamis (7/10/2021).

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasan di balik keputusannya menurunkan tiga pemain debutan sebagai starter melawan Taiwan.

Pertandingan Indonesia vs Taiwan merupakan laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Partai leg pertama telah digelar Kamis (7/10/2021) malam WIB.

Timnas Indonesia berjaya pada laga leg pertama di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, tersebut dengan kemenangan 2-1. Garuda menang berkat gol-gol dari dari Ramai Rumakiek (17') dan Evan Dimas (51').

Adapun Taiwan mencetak satu gol balasan melalui pemain pengganti Hsu Heng-Pin pada menit ke-90+1.

Baca juga: Hasil Indonesia Vs Taiwan, Gol Ramai-Evan Dimas Bawa Garuda Menang 2-1

Bagi Ramai Rumakiek, gol yang dicetaknya menjadi mahkota di debut manis bersama timnas senior Indonesia.

Sayang, pemain Persipura berusia 19 tahun itu harus digantikan pada pertengahan babak pertama. Dia cedera setelah beberapa kali berbenturan dengan pemain lawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Rumakiek, ada dua pemain debutan lainnya yang diturunkan oleh Shin Tae-yong sebagai starter. Pemain-pemain yang dimaksud adalah Miftah Sani dan Ricky Kambuaya.

Miftah Sani tampil apik dan melesakkan satu assist untuk gol Rumakiek. Dia diberikan kesempatan tampil selama 45 menit sebelum digantikan Pratama Arhan pada awal babak kedua.

Sementara, Ricky Kambuaya menunjukkan permainan solid di lini tengah selama 72 menit berada di lapangan.

Baca juga: Indonesia Vs Taiwan, Garuda Putus Rentetan Tanpa Kemenangan

Shin Tae-yong sendiri memutuskan untuk menurunkan Rumakiek, Sani, dan Kambuaya karena menilai performa ketiganya dapat membuat timnas tampil lebih baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.