Kompas.com - 07/10/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Pelatih tim sepak bola putra Aceh, Fakhri Husaini, angkat bicara terkait isu kecurangan yang melibatkan skuad asuhannya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Isu kecurangan tersebut mulai muncul setelah tim putra Aceh berhasil memenangi laga terakhir Grup C sepak Bola PON XX Papua 2021 kontra Kalimantan Timur (Kaltim).

Laga Aceh vs Kaltim yang digelar di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Senin (4/10/2021) sore WIB itu berakhir dengan skor 3-2.

Skor akhir 3-2 kemudian meloloskan Aceh dan Kaltim ke enam besar sepak bola putra PON Papua 2021.

Sementara itu, satu tim yang juga bergantung pada hasil laga Aceh vs Kaltim, yakni Sulawesi Utara (Sulut), dipastikan tidak lolos ke enam besar karena kalah jumlah produktivitas gol.

Baca juga: Sepak Bola PON Papua: SOS Tuntut Investigasi Laga Aceh Vs Kaltim karena Dugaan Pengaturan Skor

Situasi ini lantas menimbulkan kecurigaan. Tim Aceh dan Kaltim disebut melakukan praktik sepak bola gajah demi sama-sama lolos ke babak selanjutnya.

Dugaan tersebut memuncak setelah gol ketiga untuk Aceh lahir melalui aksi bunuh diri bek Kaltim.

Dalam video yang beredar di dunia maya, banyak pihak menilai bek Kaltim melakukan bunuh diri dengan sengaja.

Pemain Kaltim M.Rivaldi saat berhasil mengecoh lawannya dari aceh.dalam pertandingan Kaltim VS Aceh yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura (Senin 04/10/2021). Dokumentasi PB PON XX Papua 2021 Pemain Kaltim M.Rivaldi saat berhasil mengecoh lawannya dari aceh.dalam pertandingan Kaltim VS Aceh yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura (Senin 04/10/2021).
Ofisial Sulut, Jeffry Talumepa, yang merasa timnya dirugikan memberi reaksi keras terhadap jalannya laga Aceh vs Kaltim.

Dia menyebutkan, permainan kedua tim tidak sportif dan memalukan. Apalagi, laga pamungkas Grup C tersebut disaksikan langsung oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Baca juga: Sepak Bola PON XX Papua 2021 - Jatim Lega Tidak Bertemu Tuan Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.