Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UEFA Nations League Italia Vs Spanyol: False 9 Mancini untuk Tiki-taka

Kompas.com - 05/10/2021, 21:40 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Roberto Mancini disebut tengah menimbang kemungkinan untuk memakai false nine alias penyerang nomor sembilan semu saat meladeni Spanyol di semifinal UEFA Nations League 2020-2021.

Stadion San Siro di Kota Milano bakal menjadi panggung duel semifinal UEFA Nations League 2021 antara Italia vs Spanyol, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB.

Pelatih Italia, Roberto Mancini, disebut tengah menyimpan satu kejutan buat sang tamu Spanyol yang masyhur dengan sepak bola operan berlabel tiki-taka.

Kejutan yang dimaksud adalah penggunaan false nine alias penyerang nomor sembilan semu dalam skema 4-3-3 Italia.

Mancini saat ini hanya punya Moise Kean sebagai figur yang mampu memerankan tugas sebagai bomber murni.

Baca juga: Semifinal UEFA Nations League Italia Vs Spanyol: Kean Ganti Immobile yang Cedera

Kondisi ini bisa terjadi lantaran dua centravanti atau penyerang tengah andalan Mancini, Ciro Immobile dan Andrea Belotti, terpaksa harus tercoret dari daftar skuad lantaran cedera.

Solusi dari ketiadaan bomber murni disebut adalah dengan menurunkan false nine.

Menurut sejumlah media Italia semodel Corriere dello Sport dan La Gazzetta dello Sport, Mancini membuka opsi untuk memainkan Lorenzo Insigne sebagai penyerang nomor sembilan semu.

Alternatif lain bagi Mancini untuk pos false nine adalah talenta muda Sassuolo, Giacomo Raspadori.

False nine Italia kemungkinan akan diapit oleh Federico Chiesa di sisi sayap kanan dan Lorenzo Pellegrini di sebelah kiri.

“Spanyol adalah tim yang paling membuat kami menderita selama Euro 2020. Mereka adalah tim tangguh dengan pemain bagus,” kata Mancini jelang duel semifinal UEFA Nations League versus Spanyol.

Baca juga: Tekad Mancini Bawa Italia Kawinkan Gelar Euro dan Nations League

Melawan Spanyol dengan taktik false nine sejatinya sudah dilakukan Mancini selama beberapa menit pada semifinal Euro 2020 Juli silam.

Mulai menit ke-61 partai semifinal Euro 2020, Italia sempat mentas dengan false nine, persis setelah Ciro Immobile digantikan oleh Domenico Berardi.

Posisi Immobile sebagai ujung tombak lantas diisi Insigne. Sementara itu, Federico Chiesa berpindah sisi ke kiri dan Berardi mengisi pos penyerang sayap kanan.

Taktik Italia dengan false nine sempat bertahan selama 24 menit sebelum akhirnya Mancini kembali memakai penyerang murni saat memasukkan Andrea Belotti pada lima menit jelang bubaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com