Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Tak Pernah Rotasi Duet Klok-Rashid di Persib, Roberts?

Kompas.com - 03/10/2021, 18:52 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dalam kiprahnya di seri pertama Liga 1 2021-2022, Persib Bandung kerap melakukan rotasi di sejumlah posisi.

Mulai pos penjaga gawang hingga lini depan, perubahan komposisi pemain kerap dilakukan Persib dalam enam laga di kompetisi musim ini.

Akan tetapi, tidak semua posisi mendapatkan giliran rotasi. Poros double pivot yang dihuni duet Marc Klok dan Mohammed Rashid hampir tak tersentuh rotasi.

Klok dan Rashid selalu dimainkan sebagai starter, baik dalam skema dua gelandang dalam formasi 4-4-2 atau tiga gelandang dalam formasi 4-3-3.

Baca juga: Catatkan 4 Seri Beruntun, Pelatih Persib Ungkap Faktor Penyebab

Pelatih Persib Robert Rene Alberts angkat bicara mengenai alasannya tidak pernah merotasi duet Klok dan Rashid.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, Klok dan Rashid tampil apik sebagai double pivot. Menurut dia, kedua pemain tersebut berhasil membentuk kombinasi yang tangguh di lini tengah Maung Bandung.

"Karena ini (Klok-Rashid) kombinasi yang tangguh dan hasil membuktikan kami belum pernah kalah," kata Alberts kepada wartawan, Sabtu (2/10/2021).

"Namun, kami juga paham bahwa kami harus memenangi pertandingan. Untuk mewujudkan itu, kami harus menurunkan tim yang terbaik dari pemain yang tersedia," ucap dia.

Meski begitu, di laga berikutnya, Persib akan menurunkan komposisi berbeda di lini tengah.

Klok dipastikan absen di laga pekan ketujuh atau pertandingan pertama di seri kedua Liga 1 2021-2022 karena akumulasi kartu kuning.

Baca juga: Kecewa Hasil Imbang dengan Persib, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak Menang

Alberts tidak khawatir dengan absennya Klok. Menurut dia, Persib memiliki kedalaman skuad yang mumpuni di setiap posisi.

Pelatih asal Belanda itu sudah menyiapkan pemain lain untuk menggantikan peran Klok di lini tengah Maung Bandung.

"Pekan depan juga kalian akan melihat kombinasi baru karena Klok harus absen dan itu yang kami miliki. Kami memiliki kedalaman tim di setiap lini," tutur Alberts.

Selain duet Klok dan Rashid, Alberts juga sejatinya ingin terus memasang duet Nick Kuipers dan Victor Igbonefo di pos bek tengah.

Akan tetapi, keinginan tersebut gagal terealisasi lantaran di laga terakhir Persib menghadapi PSM Makassar, kedua pemain tersebut terpaksa absen karena alasan berbeda.

Baca juga: Menuju Seri Kedua Liga 1 2021-2022, Persib Evaluasi Sistem Penyerangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com