Kompas.com - 24/09/2021, 14:20 WIB
Jaino Matos (kanan) dan Iwan Setiawan (kiri) saat Semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018 antara Borneo FC melawan Sriwijaya FC yang berakhir penalti dengan skor 3 (4) - 3 (5) di Stadion Palaran Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (02/03/2018) malam. KOMPAS.com/Suci RahayuJaino Matos (kanan) dan Iwan Setiawan (kiri) saat Semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018 antara Borneo FC melawan Sriwijaya FC yang berakhir penalti dengan skor 3 (4) - 3 (5) di Stadion Palaran Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (02/03/2018) malam.

KOMPAS.com - Pelatih senior Iwan Setiawan memberikan contoh nyata mengenai pentingnya sebuah komitmen yang baik dalam mempersiapkan masa pensiun. Dengan komitmen yang kuat dia mampu menstabilkan kehidupan setelah melewati usia prestasi.

Padahal pelatih sal Medan tersebut sempat terlena dan terjerumus gaya hidup yang kurang sehat saat di puncak kejayaan.

Iwan Setiawan bercerita memulai kariernya sebagai pemain muda bertalenta yang menarik perhatian PSSI.

Dia kemudian mendapatkan akses pendidikan di diklat PSSI Medan sebelum hijrah ke dikat PSSI Ragunan (sekarang SKO Ragunan).

Saat mengenyam pendidikan potensinya makin terasah dengan memperkuat Timnas Indonesia U16 dan U19.

Sehingga, saat lulus dia langsung mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan tim besar seperti Pelita Jaya pada usianya yang baru 19 tahun.

Baca juga: Iwan Setiawan, Pelatih Asal Medan yang Pergi dan Kembali Lagi ke Persela Lamongan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayang, pada usia keemasan dia mengalami cedera yang membuat prestasinya menurun.

Cedera itu membuat kariernya di timnas meredup. Namun, dia tetap punya tempat di tim besar seperti Pelita Jaya, Arseto Solo, dan Persija Jakarta.

Iwan Setiawan mengatakan sudah sangat jatuh cinta dengan sepak bola. Karenanya, sejak  terjun ke dunia profesional dia sudah memutuskan untuk melanjutkan karier sebagai pelatih.

Bahkan, keinginan tersebut sudah muncul saat Iwan belum genap berusia 20 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.