Kompas.com - 22/09/2021, 23:29 WIB
Penyerang Barcelona, Leo Messi dan Samuel Eto'o (kiri) merayakan gol ketiga mereka melawan Osasuna selama pertandingan Liga Spanyol di stadion Camp Nou di Barcelona 09 September 2006. AFP/LLUIS GENEPenyerang Barcelona, Leo Messi dan Samuel Eto'o (kiri) merayakan gol ketiga mereka melawan Osasuna selama pertandingan Liga Spanyol di stadion Camp Nou di Barcelona 09 September 2006.

YAOUNDE, KOMPAS.com - Mantan sekondan Lionel Messi di Barcelona, Samuel Eto'o punya ambisi jangka pendek yang bakal diwujudkannya untuk Kamerun.

Untuk jangka pendek, kata Eto'o, dirinya akan mewujudkan Kamerun menjadi tuan rumah Piala Afrika 2022.

Striker Inter Milan Samuel Eto'o dari Kamerun bersaing dengan bek Italia Marco Materazzi (kanan) selama pelatihan untuk grup Liga Champions UEFA yang akan datang. Pertandingan sepakbola melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane, di London, Inggris, pada 1 November 2010AFP/GLYN KIRK Striker Inter Milan Samuel Eto'o dari Kamerun bersaing dengan bek Italia Marco Materazzi (kanan) selama pelatihan untuk grup Liga Champions UEFA yang akan datang. Pertandingan sepakbola melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane, di London, Inggris, pada 1 November 2010

"Program itu akan saya buat menjadi kesuksesan yang bersejarah," ujar peraih empat kali penghargaan sebagai pemain terbaik Afrika itu pada 2003, 2004, 2005, dan 2010.

Baca juga: Legenda Hidup Kamerun Bakal Bersaing di Federasi Sepak Bola

Sejatinya, Samuel Eto'o akan bersaing pada pemilihan Presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (Fecafoot).

Pemain depan Barcelona, Lionel Messi  dan Samuel Eto'o setelah mencetak gol selama pertandingan sepak bola Liga Barcelona vs Numancia di Stadion New Camp di Barcelona, pada 24 Januari , 2009.AFP/JOSEP LAGO Pemain depan Barcelona, Lionel Messi dan Samuel Eto'o setelah mencetak gol selama pertandingan sepak bola Liga Barcelona vs Numancia di Stadion New Camp di Barcelona, pada 24 Januari , 2009.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya akan bersaing di Fecafoot," kata Eto'o, mantan penggawa Barcelona pada musim 2004-2009, pada akun media sosialnya, kemarin.

Menurut Samuel Eto'o, kelahiran 10 Maret 1981 ini, dirinya akan mewujudkan program membangun kembali sepak bola Kamerun.

Penyerang anyar Sampdoria, Samuel Eto'o.Twitter Penyerang anyar Sampdoria, Samuel Eto'o.

Selain sepak bola putra, Samuel Eto'o yang pernah membela Real Madrid pada 1997-2000 ini berjanji membenahi sepak bola putri dan sepak bola pantai Kamerun.

Samuel Eto'o pada persaingan itu akan berlomba dengan dua orang.

Samuel Eto'o didapuk sebagai juru taktik sementara Antalyaspor setelah pelatih sebelumnya, Yusuf Simsek, mengundurkan diri.KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP Samuel Eto'o didapuk sebagai juru taktik sementara Antalyaspor setelah pelatih sebelumnya, Yusuf Simsek, mengundurkan diri.

Pertama adalah Geremi Njitap, mantan pemain tengah Real Madrid musim 1999-2003.

Njitap yang kini berusia 42 tahun juga menjadi bagian skuat timnas Kamerun pada masanya.

Pesaing Eto'o lainnya adalah Seidou Mbombo.

Mbombo adalah petahana presiden Fecafoot.

Sementara, pemilihan Presiden Fecafoot akan berlangsung pada November 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.