Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Super Esports Series 2021 akan Digelar di 17 kota

Kompas.com - 22/09/2021, 19:59 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.COM - Turnamen esports bertajuk Super Esports Series 2021 resmi dibuka.  Kompetisi bergengsi yang digagas oleh Superchallenge ini menantang talenta-talenta muda Indonesia unjuk kemampuan di dua nomor game yang dipertandingkan, yakni eFootball Pro Evolution Soccer (PES) dan Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile.

Super Esports Series 2021 merupakan kelanjutan dari kompetisi Euro Fansclub Championship (EFC) 2020 yang turut mempertandingkan satu nomor game esports yaitu eFootball Pro Evolution Soccer (PES).

Baca juga: 16 Tim Akan Berlaga di Grand Final PUBG Mobile PON XX PAPUA 2021

Demi mendukung perkembangan ekosistem esports di Tanah Air, Superchallenge kemudian meracik kompetisi esports dengan skala yang lebih besar agar dapat menjaring bakat-bakat muda atlet esports yang tersebar di bebagai penjuru Indonesia.

Baca juga: 16 Tim Akan Berlaga di Grand Final PUBG Mobile PON XX PAPUA 2021

“Super Esports Series 2021 akan mempertandingkan dua game yang populer yaitu PES dan PUBG Mobile. Kompetisi ini diharapkan dapat mendorong anak muda Indonesia agar mampu berprestasi di kancah esports nasional dan kelak dapat mengharumkan nama bangsa di level dunia. Dan di sisi lainnya dapat memajukan ekosistem esports yang ada di Indonesia,” tutur perwakilan Superchallenge, Winata Hoeniarto.

Komitmen ini ditunjukkan Superchallenge dengan menyediakan prize pool yang fantastis pada gelaran Super Esports 2021. Pada setiap game yang dipertandingkan, para peserta akan memperebutkan hadiah sekitar Rp 150 juta. Dengan demikian, total hadiah yang disediakan oleh Superchallenge dalam turnamen ini mencapai Rp 300 juta.

Besarnya hadiah di Super Esports Series 2021 ini diharapkan dapat memantik semangat dan daya juang para altet-atlet muda esports di Indonesia agar mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya saat bertanding nanti.

Tak hanya menggelontorkan hadiah yang cukup besar, Superchallenge juga ‘jemput bola’ dengan menyambangi berbagai komunitas esports yang ada di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

Pasalnya, Superchallenge meyakini bahwa komunitas olahraga termasuk esports, biasanya menyimpan bibit-bibit berbakat. Melalui kompetisi ini, komunitas esport di sejumlah daerah di Indonesia diajak untuk berkembang bersama Superchallenge.

Super Esports Series 2021 akan digelar di 17 kota dengan target sebanyak hampir 5.000 peserta, yang terbagi atas 640 peserta (128 tim) untuk PES dan 4.096 peserta (128 tim) untuk PUBG Mobile.

Turnamen diselenggarakan secara hybrid, mengkombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Jelang kick-off registrasi, Superchallenge menggelar program Road to Super Esports Series yang bertujuan sebagai sarana edukasi dan penajaman skill melalui berbagai kegiatan.

Diantaranya ialah sharing session dari sejumlah atlet esports berprestasi dalam kegiatan Ask The Super dan Super Tips, hingga Super Fun Match yang mempertemukan pemain profesional eFootball PES dengan peserta penantang atau Challenger, serta sederet tim PUBGM yang saling adu kuat.  

Salah satu pemain yang ambil bagian dalam Super Fun Match ini ialah Ryan Tama yang juga merupakan Jawara Euro Fans Club Championship PES 2020.

Bagi Tama, turnamen Super Esports Series 2021 merupakan sinyal positif terhadap perkembangan esports di Indonesia yang semakin menggeliat.

Terlebih lagi, pada kejuaraan tahun ini Superchallenge turut menggandeng berbagai komunitas esports sehingga dapat dipastikan kompetisi akan berlangsung semakin seru dan ketat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com