Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati West Ham, Si Gaek Ronaldo Masih Bisa Lari 34 Km Per Jam

Kompas.com - 19/09/2021, 17:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - West Ham perlu hati-hati saat berhadapan dengan bintang Man United, Cristiano Ronaldo. Meski sudah gaek, Ronaldo masih bisa berlari secepat 34 kilometer per jam.

Laga West Ham vs Man United di Stadion London, Minggu (19/9/2021), pukul 20.00 WIB menjadi salah satu rangkaian pekan kelima Liga Inggris 2021-2022.

Cristiano Ronaldo jelas menjadi pemain yang mesti disikapi secara hati-hati oleh tuan rumah West Ham.

Bintang asal Portugal berinisial CR7 itu tampak langsung nyetel sejak bereuni kembali dengan Man United.

Ronaldo mewarnai momen kembali ke Manchester United via torehan dwigol dalam laga pekan keempat Liga Inggris melawan Newcastle pada 11 September silam.

Baca juga: Solskjaer Beri Penjelasan: Ronaldo Bukan Berlagak Jadi Pelatih, tetapi...

Dalam laga tersebut, MU menang telak 4-1. Nama Ronaldo kembali muncul di papan skor saat Man United melakoni laga perdana mereka di Liga Champions 2021-2022.

Cuma, gol Ronaldo tak banyak menolong mengingat Man United harus menyerah 1-2 dari wakil Swiss, Young Boys, Selasa (14/9/2021).

Terlepas hasil minor melawan Young Boys, Ronaldo tentu ingin terus menjaga ketajaman pada periode keduanya membela Man United.

Jika tak hati-hati, West Ham bisa menjadi korban berikut Ronaldo.

Gol kedua CR7 ke gawang Newcastle pekan lalu adalah bukti bahwa sang megabintang sama sekali tak hilang kecepatan dalam usia yang sudah menginjak 36 tahun.

Premier League mencatat saat melawan Newcastle, top speed alias kecepatan tertinggi Ronaldo mencapai 34,2 kilometer per jam.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Bukan Jaminan Man United Juara Liga Inggris

Terhitung, hanya ada 19 pemain di Premier League 2021-2022 yang sejauh ini mencatat kecepatan lari lebih tinggi.

Dalam kolom taktik Adrian Clarke di situs Premier League, terungkap pula bahwa Ronaldo menjalankan peran apik sebagai penghubung bangunan serangan Man United.

Ronaldo seperti berperan sebagai false nine lantaran kerap turun ke belakang guna memecah fokus bek tengah Newcastle.

Dengan demikian, ruang di pertahanan Newcastle tercipta dan bisa disusupi oleh penyerang sayap Man United semodel Mason Greenwood dan Jadon Sancho.

Baca juga: West Ham Vs Man United, Berapa Jumlah Gol Ronaldo ke Gawang The Hammers?

Keterlibatan Ronaldo dalam bangunan serangan Man United dalam laga melawan Newcastle semakin jelas jika menilik statistik jumlah sentuhan dan operan sukses.

Ronaldo tercatat menyentuh bola dalam 63 kesempatan dan 39 kali melepas operan sukses.

Sejauh ini, melansir analisis Adrian Clarke di situs Premier League, tak ada striker lain di Liga Inggris yang mampu melewati catatan jumlah sentuhan dan operan sukses per gim milik CR7.

Memang masih terlalu dini untuk menyebut bahwa reuni Ronaldo bersama Man United sukses besar. Namun, setidaknya data-data tadi bakal membuat West Ham lebih berhati-hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com