Setarakan Atlet Olimpiade dan Paralimpiade, Ketua NPC Indonesia dan Atlet Parabulutangkis Puji Presiden Jokowi dan Menpora Amali

Kompas.com - 17/09/2021, 05:40 WIB
Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah berpose bersama Chef de Mission kontingen Indonesia And Herman (dua dari kiri) dan Ketua NPC Indonesia Senny Marbun usai meraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020. DOK. NPC INDONESIALeani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah berpose bersama Chef de Mission kontingen Indonesia And Herman (dua dari kiri) dan Ketua NPC Indonesia Senny Marbun usai meraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020.
|

KOMPAS.COM - Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, memuji Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali atas perhatian mereka kepada atlet difabel. 

Pernyataan ini disampaikan Senny Marbun saat menjadi narasumber dalam acara Rosi Spesial bertajuk ‘Totalitas Tanpa Batas Paralimpiade 2020’ di Kompas TV, Kamis (16/9/2021) malam.

Hadir dalam acara ini, sembilan atlet paralimpiade periah medali diantaranya atlet parabulutangkis peraih tiga medali, Leani Ratri Oktila dan juga Menpora Amali.

Baca juga: Potret Inspiratif Ni Nengah Widiasih, Peraih Medali Perak di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

“Kami berhasil ini karena pak Jokowi. Pak Jokowi berani menyetarakan harkat dan martabat kami dengan yang non difabel. Itu yang membuat semangat kami bangkit,” kata Senny Marbun dalam acara yang dipandu Rosianna Silalahi ini.

Senny juga menyampaikan prestasi ini dicapai atas dukungan dan perhatian Menpora Amali. Bahkan, selalu mendukung atlet NPC untuk terus mengikuti kualifikasi paralimpiade.

“Pak Menpora memberi kami ruang yang sangat longgar, untuk latihan dan peralatan yang kami punya. Pak Menpora selalu mengatakan, jangan kamu putus asa dengan kekuranganmu. Sama yang saya selalu katakan kepada teman-teman jangan pernah hitung yang hilang dari tubuhmu, tapi hitung yang masih tersisa. Itu yang selalu saya suntik kepada mereka,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pernyataan senada juga disampaikan atlet Parabulutangkis, Leani Ratri Oktila. Pada era kepemimpinan Jokowi, menurut dia, semua atlet baik yang difabel maupun non difabel benar-benar disetarakan.

“Di masa pemerintahan Pak Jokowi ini kami atlet merasa disetarakan dari keseluruhan. Jadi kita nggak merasa berbeda dengan yang lain. Itu buat kita percaya diri,” ujarnya.

Menpora Amali pada kesempatan ini mengungkapkan bahwa sejak dirinya menjadi Menpora, atas arahan dari Presiden Jokowi semua atlet disetarakan baik yang difabel maupun yang non difabel.

“Pak Presiden memberi arahan pada saya, pak Menpora jangan sedikit pun ada perbedaan pelayanan kepada atlet NPC. Jadi arahan itu saya pedomani dan sampai sekarang saya seperti keluarga (dengan atlet difabel),” ujarnya.

Bahkan, di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah ditadatangani Presiden Jokowi Perpresnya pada saat Haornas 9 September 2021 lalu, tidak ada perbedaan fasilitas yang didapatkan semua atlet nasional.

“Di dalam DBON ini kami beri tempat yang setara antara atlet-atlet olimpiade dan paralimpiade. Tentu kita menfasilitasi sama persis, apa yang didapatkan oleh atlet olimpiade, mulai dari persiapannya, pelatnasnya, pengiriman ke kualifikasi," jelas Amali.

"Kemudian pada saat bertanding semuanya kami setarakan, tidak ada perbedaan sedikitpun. Karena kami tahu bahwa teman-teman yang terhimpun di NPC ini mereka punya kemampuan dan juga semangat untuk berprestasi,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.