Kompas.com - 09/09/2021, 12:00 WIB
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHADirektur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono.

BANDUNG, KOMPAS.com - Manajemen Persib Bandung mengklarifikasi soal perubahan jabatan pelatih kiper Luizinho Passos dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) Persib di laga pekan pertama Liga 1 2021 melawan Barito Putera.

Dalam laga tersebut nama Passos tidak terdaftar sebagai pelatih kiper, melainkan video analis. Efek perubahan status tersebut kemudian banyak yang menuding Persib telah "mengakali" status Passos agar dia bisa masuk dalam DSP dan duduk di bench pemain saat pertandingan.

Baca juga: Persib Terus Berproses untuk Kembali ke Performa Terbaik

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, membantah keras tudingan tersebut.

Diakui Teddy, perubahan status jabatan Passos memang disebabkan lisensi kepelatihannya yang belum memenuhi syarat.

Meski begitu, tidak ada niatan dari Persib untuk mengakali regulasi.

Dikatakan Teddy, ada alasan logis yang membuat Persib merubah status jabatan Passos dalam DSP tim Persib di pertandingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kronologisnya seperti ini, Passos kan sudah lima tahun di Indonesia. Selama ini secara sertifikat kepelatihan selalu disetujui. Artinya, selama ini tidak ada masalah," kata Teddy kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

"Tetapi, sekarang ada regulasi baru dari AFC yang menyatakan pelatih kiper harus level 1 dan pengumuman regulasi tersebut sangat mepet dengan penyelenggaraan kompetisi," sambung dia.

Teddy menjelaskan, Persib dan Passos bukannya tidak mau mengurus soal permasalahan lisensi tersebut. Masalahnya, selama kurun waktu 2020 tidak ada kursus kepelatihan yang digelar oleh AFC.

Dikatakan Teddy, perubahan regulasi seharusnya bisa disosialisasikan dan dikomunikasikan sejak jauh-jauh hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.