Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pelatih Persib untuk Debut Duet Marc Klok dan Rashid di Liga 1

Kompas.com - 05/09/2021, 07:40 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Marc Anthony Klok menjadi bintang kemenangan Persib Bandung atas Barito Putera dalam laga perdananya di Liga 1 2021.

Klok menjadi penentu kemenangan Maung Bandung lewat gol yang dibukukannya pada menit ke-85.

Torehan Klok menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (4/9/2021).

Terlepas dari gol yang dibukukannya, secara keseluruh, Klok memang tampil apik di lapangan tengah. Berduet bersama Mohammed Bassim Rashid, keduanya cukup efektif berperan sebagai motor permainan Maung Bandung.

Duet Klok dan Rashid di lini tengah Persib memang tampak menjanjikan. Keduanya tampil solid, hingga membuat Persib bisa mendominasi lapangan tengah atas Barito.

Baca juga: Hasil Liga 1 Hari Ini - Persib Menang Tipis, Persebaya Start Lambat

Padahal, keduanya merupakan duo gelandang anyar Persib musim ini. Kehadiran Klok dan Rashid memang diproyeksikan Persib untuk menjadi suksesor Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan yang menjadi pilar sentral lini tengah tim pada musim lalu.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengakui, Klok dan Rashid memang tampil solid di lapangan tengah Pangeran Biru, terutama pada babak pertama.

Menurut Alberts, keduanya sudah saling memahami satu sama lain.

"Ini kali pertama mereka bermain bersama, mereka memulai bekerja bersama di lini tengah. Kalian bisa melihat di babak pertama mereka bermain dengan solid dan sudah memahami satu sama lain," kata Alberts seusai laga.

Meski begitu, peran Klok dan Rashid tampak kurang terlihat di babak kedua. Terlihat performa keduanya mengalami penurunan.

Baca juga: Hasil Persib Vs Barito: Marc Klok Cetak Gol, Maung Bandung Jaga Tren Positif

Bahkan, beberapa kali keduanya membuat kesalahan elementer seperti salah operan atau terlalu terburu-buru dalam melepaskan umpan kepada pemain lain.

Alberts tak menampik terjadinya penurunan performa pada Klok dan Rashid di babak kedua. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena faktor stamina.

Selain itu, di babak kedua, Barito Putera juga jarang melancarkan serangan dari poros tengah.

Alur serangan Barito lebih dominan di sektor sayap. Hal tersebut yang membuat peran Klok dan Rashid tidak terlalu terlihat lagi seperti layaknya pada babak pertama.

"Namun mereka sedikit hilang di babak kedua. Selain karena kelelahan, itu juga karena Barito menerapkan permainan tanpa melalui area tengah dan itu cukup menyulitkan bagi mereka," tutur Alberts.

Meski begitu, Alberts mengapresiasi kinerja Klok dan Rashid di lapangan. Menurutnya, kedua pemain tersebut tampak menjanjikan menjadi motor permainan Persib musim ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com