Kompas.com - 03/09/2021, 16:45 WIB
Stadion yang digunakan pada kompetisi sepak bola Liga Jepang, J1 League. Dok. J LeagueStadion yang digunakan pada kompetisi sepak bola Liga Jepang, J1 League.
|

KOMPAS.com - Pada 2002 atau 19 tahun lalu, Jepang dan Korea Selatan mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah ajang sepak bola terakbar, yakni Piala Dunia.

Dalam proses persiapannya, Jepang menyiapkan 10 venue stadion yang digunakan untuk menggelar pertandingan-pertandingan pada ajang empat tahunan tersebut.

Kini, lewat beberapa tahun berlalu, stadion-stadion tersebut masih digunakan untuk laga-laga lapangan hijau, utamanya di pentas Meiji Yasuda J1 League, kasta teratas Liga Jepang.

Ada beberapa klub J1 League 2021 yang menggunakan stadion-stadion tersebut untuk pertandingan Liga Jepang mereka musim ini.

Baca juga: Profil Takehiro Tomiyasu, Samurai Jepang Keempat di Arsenal

Dari 10 venue, hanya tiga yang tak dipakai oleh tim-tim J1 League. Pertama, ada Shizuoka Stadium ECOPA (Shizuoka). Meski sempat menggelar laga-laga Jubilo Iwata dan Shimizu S-Pulse, kini stadion tersebut jarang digunakan untuk laga J.League.

Selain itu, ada Niigata Stadium (Niigata) dan Miyagi Stadium (Miyagi) yang juga tak digunakan oleh tim-tim kasta teratas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuh stadion sisanya kini digunakan tim-tim Meiji Yasuda J1 League untuk menggelar laga-laga mereka.

Stadion mana saja? berikut daftarnya:

1. International Stadium Yokohama (Yokohama) - Yokohama F Marinos

Stadion ini kini dikenal dengan nama Nissan Stadium karena sponsor. Berkapasitas lebih dari 72.000 penonton, stadion ini sempat menjadi stadion dengan kapasitas terbesar selama 21 tahun sebelum kemudian dikalahkan Stadion Nasional pada 2019 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.